1.200 Peserta Akan Hadiri Silaturahmi Kenduri Akbar Bani Djuan Tarigan, Kenang 120 Tahun Masuknya Islam Di Tanah Karo

442
foto :istimewa
Foto: Ketua Panitia Kenduri Akbar Bani Djuan Tarigan H Saifuddin Tarigan didampingi Wakil Ketua Panitia H Umur Ginting, Sekretaris Panitia Pengarah (SC) Rusdi Sinuraya, Bendahara Hj Rosdah Liyana Tarigan dan pengurus lainnya Hj Siti Aminah Tarigan serta Hj Rosnita Sebayang saat rapat Silaturahmi Kenduri Akbar Bani Djuan Tarigan dan Sahabat-Sahabatnya di Medan,Sabtu (27/8/2022).Itp/Ist

Medan-Intipnews.com: Sekitar 1.200  peserta  akan menghadiri Silaturahmi Kenduri Akbar Bani Djuan Tarigan dan Sahabat-Sahabatnya  di Masjid Al Awwalin Tigaberingen, Kecamatan Tiga Binaga, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara  pada 10-11 September mendatang. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi keturunan Bani Juan Tarigan yang sudah lama tidak bertemu.

Demikian disampaikan Ketua Panitia Kenduri Akbar Bani Djuan Tarigan H Saifuddin Tarigan didampingi Wakil Ketua Panitia H Umur Ginting, Sekretaris Panitia Pengarah Rusdi Sinuraya, Bendahara Hj Rosdah Liyana Tarigan dan pengurus lainnya Hj Siti Aminah Tarigan serta Hj Rosnita Sebayang kepada wartawan di Jalan Setia Budi komplek Tasbih.Medan, Sabtu (27/8/2022).

“Kita ingin mempererat hubungan silaturahmi keturunan Bani Djuan Tarigan dengan saudara-saudaranya. Sebab, kita  selama ini sudah lama tidak bertemu,” kata Saifuddin.

Dalam silaturahmi nanti, jelas Saifuddin,  satu persatu keturunan Bani Djuan Tarigan akan berbicara terkait dengan stuktur keluarganya masing-masing. Oleh karenanya diharapkan seluruh keturunanan  yang ada di Indonesia  dapat hadir . Hal ini, imbuhnya, guna  mengingatkan kembali sejarah pertama agama Islam masuk ke Tanah Karo sekitar  120 tahun silam.

“Semoga Allah SWT mengabulkan doa sehingga kita semua  dapat berkumpul. Kita akan menggelar dzikir dan bersama agar agar senantiasa diberi Allah SWT kesehatan. Di samping itu mendoakan saudara-saudara yang telah mendahului kita agar ditempat di sisi Allah SWT,” harapnya.

Saifuddin selanjutnya menjelaskan, selain meningkatkan silaturahmi,  tujuan utama digelarnya kegiatan ini  untuk menyatuhkan seluruh keluarga besar Bani Djuan Tarigan  yang sudah hampir 4 generasi dan tersebar di seluruh Indonesia.

“Mereka harus kembali ke asalnya di Desa Tiga Beringen agar  dapat mengenal lebih jauh leluhurnya. Di samping itu berupaya meningkatkan hubungan sosial, insya Allah  nantinya ke depan dapat membantu yang tidak mampu. Sedangkan bagi yang tidak mampu dapat mendoakan yang mampu sehingga seluruh keturunan Bani Djuan Tarigan senantiasa diberi keberkahan,” ungkapnya

Selanjutnya yang ingin diharapkan dari silaturahmi ini, kata Saifuddin, membangun silaturahmi dengan para sahabat-sahabat Bani Djuan Tarigan yang bersama-sama menyebarkan agama Islam di Tanah Karo dimulai dari  Desa Karyahan, Desa Kuala Baru dan  Desa Simpang Pergenangan.

 “Tiga Desa ini nantinya akan kembali  kita jalin silaturahmi dalam rangka dakwa Islam di Tanah Karo pada masa-masa datang. Usai kegiatan ini, panitia juga sepakat untuk melanjutkan  membentuk yayasan atau foundation guna  meningkatkan taraf hidup keluarga Bani Djuan Tarigan dengan membentuk Yayasan atau Foundation,” paparnya

Terkait itu bilang Saifuddin, panitia akan mengundang sahabat-sahabat Bani Djuan  Tarigan yaitu Keluarga Besar Tuan Muda dari Kota Cane Aceh Tenggara. Sebab, ungkapnya, Tuan Muda  120 tahun lalu menyebarkan agama Islam di Desa Tigaberingen bersama Bani Djuan Tarigan.

Sementara itu Sekretaris Panitia Pengarah (SC) Rusdi Sinuraya mengatakan, kegiatan ini baru pertama kali digelar dengan model acara yg se meriah ini . Karena antusias nya seluruh keturunan Bani Djuan Tarigan . “Intinya untuk merajut kembali persaudaraan nenek-nenek kita yang lalu. Ini semaunya untuk mengenang perjuangan para atuk kita dahulu dan  harus kita bangun kembali sehingga tumbuh rasa kepedulian. Sebab,  120 tahun sila,  Islam pertama kali masuk ke daerah Tanah Karo,” papar Rusdi.

Sebelumnya kata Rusdi,  Komunitas Islam sudah terjalin sejak dahulu di Tanah Karo. Oleh karenanya tegas Rusdi,  kegiatan ini murni dari keturunan Bani Djuan Tarigan dan sahabat-sahabatnya untuk mengembangkan Islam .

Rusdi Sinuraya juga menjelaskan bagaimana keluarga Bani Djuan membawa ajaran Islam pertamaklinya di Tanah Karo.

“Jadi, kegiatan yang akan kita gelar ada silaturahmi ada juga dakwah dan mengenang kembali perjalanan keluarga Bani Djuan,”kata Sinuraya.

Dijelaskannya pihaknya akan menggalang kembali kebersamaan  dalam rangka dakwah Islam di Tanah Karo insyaallah setelah selesai kegiatan ini kita akan bentuk suatu wadah ikatan keluarga Bani Djuan. Harapan lainnya,pertemua’ itu bisa menjadi sarana saling memberi perhatian dan akan saling mendukung,terutama membantu bagi yang memerlukan,”pungkasnya.Itp05