1.500 Mustahik Kota Medan Terima Zakat, Bobby Nasution: Buktikan Baznas Salurkan Kepada Orang Yang Tepat

5

Medan-Intipnews.com: Wali Kota Medan Bobby Nasution menyerahkan zakat kepada 1500 mustahik di Kota Medan di Gedung TP PKK Kota Medan Jalan Rotan, Kamis (12/1/2023). Penyaluran Zakat yang merupakan Program Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Medan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi penerima.

Adapun zakat yang diberikan kepada 1500 mustahik ini terdiri dari 500 guru honorer, 500 siswa yatim dhuafa dan 500 kaum dhuafa. Penyerahan zakat ini dilakukan secara simbolis oleh Wali Kota Medan didampingi Ketua Baznas Sumut Prof Muhammad Hatta, Ketua Baznas Kota Medan Muhammad Nursyam, Direktur Syahriah PT Bank CIMB Niaga Panji Jayanegara, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumut Azka Subhan, Ketua Kadin Kota Medan Amin Chandra, pimpinan perbankan, pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan dan camat se Kota Medan (foto).

Dalam sambutannya, Bobby Nasution menyampaikan zakat merupakan kewajiban yang harus dilakukan. Oleh sebab itu, untuk memastikan agar penyaluran zakat yang dilakukan Baznas Kota Medan disalurkan kepada orang yang tepat, menantu Presiden Joko Widodo ini meminta agar Baznas Kota Medan untuk melihat potensi dan mengintropeksi diri agar dapat lebih meyakinkan seluruh masyarakat Kota Medan bahwa zakat yang diberikan ini disalurkan kepada orang yang tepat.

“Kegiatan yang dilakukan hari ini membuktikan bahwa uang zakat yang disalurkan ke Baznas ini telah disalurkan kepada orang-orang yang memang layak menerimanya. Sehingga tidak ada keraguan lagi bagi seluruh masyarakat Kota Medan khususnya ASN yang menyalurkan zakatnya ke Baznas,” jelas Bobby.

Terkait capaian yang dilakukan Baznas, orang nomor satu di Pemko Medan ini menilai cukup baik. Bobby percaya kedepannya Baznas ini bisa menghimpun lebih banyak lagi yang berzakat melalui Baznas. Dengan begitu menunjukkan bahwa semakin banyak yang percaya kepada Baznas untuk menyalurkan zakat kepada mereka.

Sebelumnya Ketua Baznas Kota Medan Muhammad Nursyam menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan terakhir yang dilakukan Baznas dalam melakukan pendistribusian zakat kepada 1500 mustahik. 

“Ini merupakan bentuk kepedulian Baznas bersama Pemko Medan kepada para mustahik. Saya berharap kepada seluruh mustahik yang mendapatkan zakat ini, bisa tersenyum walaupun yang kami berikan belum sebesar harapan yang bapak dan ibu cita-citakan,” harapnya.

Terakhir, Nursyam mengajak seluruh stakeholder, ASN, BUMN, BUMD dan seluruh rekan-rekan yang ada di Kota Medan, ayo mari sama-sama salurkan zakat dan infaq melalui Baznas Kota Medan. “Insya Allah kami akan menjadi orang amanah. Prinsip kami, ketika ada zakat atau infaq yang masuk segera kami salurkan kepada penerima zakat atau infaq tersebut,” ajaknya.