20 Pedagang Pasar Lama Perbaungan Terima Bantuan dari Pemkab Sergai

20
20 Pedagang Pasar Lama Perbaungan Terima Bantuan dari Pemkab Sergai
Foto: Istimewa

PerbaunganIntipnews: 20 pedagang Pasar Lama Perbaungan yang menjadi korban kebakaran yang terjadi beberapa waktu lalu, menerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serdangbedagai (Sergai), di Kantor Camat Perbaungan, Selasa (5/10/2021).

Pascamusibah kebakaran yang menimpa 20 pedagang di Pasar Lama Perbaungan, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melaksanakan serangkaian kebijakan sebagai solusi bagi para korban. 

Salah satunya terlihat saat Bupati Sergai H Darma Wijaya memberikan bantuan secara langsung kepada para pedagang yang menjadi korban kebakaran, yang terjadi beberapa waktu lalu, bertempat di Kantor Camat Perbaungan, Selasa (5/10/2021).

Bupati menyampaikan jika pihaknya berkomitmen untuk membantu mewujudkan Pasar Lama secara khusus, dan lebih luas lagi, Kota Perbaungan agar jadi lebih baik dari sebelumnya. Ia juga menyebut, rencana pembangunan kembali Pasar Lama Perbaungan sudah diproyeksikan dan diharapkan bisa selesai tahun depan.

“Bantuan ini jangan dilihat dari jumlahnya. Insya Allah proses pembangunan kembali Pasar Lama akan dijalankan dan selesai tahun depan,” ungkap Bang Wiwiek, sapaan akrabnya.

Bupati Sergai H Darna Wijaya juga tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pedagang yang sudah ikut serta membantu Pemkab Sergai menata Kota Perbaungan, lewat ketertiban tata pasar dengan tidak berjualan di luar area pasar yang akan dibangun.

Pemkab Sergai berencana melaksanakan revitalisasi bangunan gedung pasar sekaligus melakukan pembangunan fasilitas jalan aspal di ruas Jalan Kenanga, yang sebelumnya dipenuhi oleh para pedagang kaki lima (PKL).

Bupati juga mengatakan, pihaknya sudah memberikan izin sementara bagi para pedagang untuk berjualan di lokasi bekas kebakaran yang ditandai dengan adanya tenda bantuan.

“Kita akan menyiapkan tempat untuk para pedagang yang lebih layak agar para pedagang yang berjualan dan juga pembeli, merasa nyaman untuk bertransaksi,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Polres Sergai AKBP Robin Simatupang SH MHum menegaskan, dirinya bersama pihak Forkopimda Sergai akan semaksimal mungkin mengawal pembangunan yang ada di Sergai. Ia berucap, hal tersebut salah satunya bisa terwujud lewat masukan yang bersumber dari masyarakat.

“Semua masalah akan selesai jika kita saling menjaga silaturahmi, saling bersinergi mencari solusi untuk setiap permasalahan,” ucapnya.

Ketua DPRD Sergai, M Riski Ramadhan Hasibuan SH SE MKM, yang juga hadir  menyampaikan, apa yang dilaksanakan hari ini merupakan bentuk sinergi dan dukungan terhadap pemulihan ekonomi di Kabupaten Sergai.

“Kami jelas sangat mendukung program pemerintah daerah, terkhusus untuk para pedagang yang ada di Pasar Lama. Revitalisasi pasar akan menjadi langkah penting pemulihan,” tandasnya.

Dalam laporan sebelumnya, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Roy Christian Paul Sitorus Pane mengatakan, pada hari ini ada 20 ‘pedagang aktif’ yang menerima bantuan, sesuai dengan hasil verifikasi.

“Pedagang aktif di sini diartikan sebagai pedagang yang berjualan di area pasar, di hari kejadian kebakaran dan turut menjadi korban kebakaran,” ucapnya.

Ke depan, terangnya, Pasar Lama Perbaungan akan dijadikan lokasi jual beli barang kering atau nonsembako seperti pakaian, kosmetik dan lain sebagainya.

“Bagaimanapun para pedagang adalah motor penggerak roda perekonomian di Kabupaten Sergai. Hal inilah yang membuat Bapak Bupati akan terus mendukung program yang menyejahterakan para pedagang,” tandasnya.

Ikut hadir dalam kegiatan ini Kasatpol-PP Drs Fajar Simbolon MSi, Camat Perbaungan Muhammad Fahmi SSTP MAP, para Tokoh Masyarakat, dan para pedagang. * ril/Itp04