200 Peserta Ikuti Seminar Ilmiah Kesehatan

249
foto :istimewa
Foto: Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, dr. Nanang Fitra Aulia, Ketua DPW PATELKi Provinsi Sumatera Utara, Syahruddin, Ketua Dewan Pengurus Cabang PATELKI Kabupaten Asahan Zulkarnain Lubis, AMAK, para peserta dan undangan lainnya .Itp/Ist

Asahan-Intipnews.com: 200 peserta ikuti seminar ilmiah yang mengusung tema “Peran ATLM Menuju Eliminasi Malaria 2025” yang di gelar oleh DPW Persatuan Teknologi Ahli Laboraturium Medix Indonesia (PATELKI) berkolabolari dengan Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Asahan ,Sabtu (24/9/2022) di Hotel Marina Kisaran.

Kegiatan seminar tersebut  bertujuan untuk  meningkatkan kesehatan masyarakat. “Seminar ilmiah yang digelar dengan tema peran Ahli Teknologi Laboratorium Medix (ATLM) Menuju Eliminasi Malaria 2025 merupakan serangkaian kegiatan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada petugas analis kesehatan guna mencegah penularan penyakit malaria di Kabupaten Asahan. Karena kata Nanang, sejak 2018 hingga 2021 kasus malaria meningkat,” kata dr Nanang.

Menurutnya, untuk menghindari penularan penyakit malaria, bukan hanya Pemerintah Kabupaten Asahan saja ikut berperan, peran serta masyarakat juga dibutuhkan. Oleh karena itu, kata Nanang, masyarakat juga harus benar-benar menjaga kebersihan lingkungannya setiap hari agar terhindar dari penyakit malaria, ucap Kepala Dinas Kesehatan.

Nanang menyebut, bahwa ilmu yang diterapkan ini adalah cukup baik. Ilmu yang harus kita kembangkan khususnya di Kabupaten Asahan. Tidak menutup satu kemungkinan bahwa Dinas Kesehatan membuka hasil kegiatan-kegiatan seminar yang bertsifat kesehatan.

Agar Kabupaten Asahan bisa diselesaikan dalam masalah-masalah kesehatan, khususnya penyakit malaria. Saat ini kita bisa menuju asahan sehat menuju 2023 nantinya menjadi program daripada Kepala Daerah yang dalam hal ini Bupati dan wakil Bupati Asahan. Kita harus mendukung semuanya. Kami berterima kasih kepada seluruh pengurus DPW PATELKI Provinsi Sumatera atas terselenggaranya seminar ilmiah ini, ucap Nanang.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Nanang Fitra Aulia mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Kesehatan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus DPW Persatuan Teknologi Ahli Laboratorium Medix Indonesia (PATELKI) Provinsi Sumatera Utara, khusunya DPC PATELKI Kabupaten Asahan.yang telah menyelenggarakan kegiatan seminar ilmiah hari ini, terutama kepada seluruh para petugas analis kesehatan yang ada di Kabupaten Asahan, ucap Nanang.

Sementara Ketua DPW Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medix Indonesia (PATELKi) Provinsi Sumatera Utara, Syahruddin program daripada PATELKI itu adalah untuk meningkatkan kemampuan kepada anggota, kemudian melakukan seminar-seminar, work shop dan lain sebagainya. 

Dengan adanya seminar ini kata Syahruddin, diharapkan kepada peserta yang hadir mampu berperan untuk memberikan pengetahuan  kepada masyarakat untuk menuju eliminasi malaria 2025 yang akan digelar di Provinsi Sumatera Utara, kata Syahruddin yang bekerja dibidang laboratorium itu.

Dalam kesempatan itu, turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, dr. Nanang Fitra Aulia, Ketua DPW PATELKi Provinsi Sumatera Utara, Syahruddin, Ketua Dewan Pengurus Cabang PATELKI Kabupaten Asahan Zulkarnain Lubis, AMAK, para peserta dan undangan lainnya (Dolly Simbolon)