Salah satu Tarian Pakpak. Foto Istimewa

Asahan-Intipnews.com:Hari kedua Pagelaran Seni Budaya Daerah [PSBD] Asahan ke 4 tahun 2019 di depan terminal Madya Kisaran, etnis Pakpak menampilkan tarian Era-era [tarian persembahan].

Juga dilantunkan lagu Ulang Kita Sirang [jangan kita berpisah] tari Goro-goro, tari Moccak, tari Sulangat, tari Kopi sekaligus mempromosikan kopi bubuk tanpak dan daun gambir. Demikian disampaikan Ketua Etnis Pakpak Salman Berutu, baru-baru ini.

Saya berharap agar penampilan etnis Pakpak di hari kedua berjalan sukses dan meriiah. Sehingga masyarakat dapat menikmati apa yang telah kami tampilkan pada acara malam Pagelaran Seni Budaya Daearah Asahan dan mendapat juara, harap Salman.

Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan untuk mempertahankan dan melestarikan nilai-nilai budaya yang ada di masyarakat sesuai UU No 5/2017 tentang pemajuan kebudayaan.

Di samping bertujuan melestarikan seni dan tradisi yang ada di masyarakat. “Kita berharap visi dan misi Pemkab Asahan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri segera terwujud,” kata Salman.

Ketua panitia, Rianto menyampaikan PSBD dilaksanakan 2 tahun sekali. Tahun ini dilaksanakan tanggal 21 November hingga 6 Desember 2019. Peserta PSBD tahun ini berjumlah 14 etnis yaitu Pakpak, Jawa, Karo, Nias, Batak Toba, Aceh, Tabagsel, Tionghoa, India, Simalungun, Sunda, Banjar, Minang dan Melayu.

  • Laporan Dolly Simbolon
  • Bagikab Berita Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here