Medan-Intipnews.com:Kantor Perwakilan [KPw] Bank Indonesia [BI] Provinsi Sumatera Utara [Sumut] dijadwalkan akan menggelar Digifest Sumatera 2020, pada Sabtu-Minggu, 29 Februari-1 Maret 2020 di Santika Convention Centre Medan [foto].

Hal itu disampaikan Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumut, Wiwiek Sisto Widayat kepada wartawan, Rabu 12 Februari 2020. Dijelaskannya, acara Digifest Sumatera 2020 diramaikan dengan pameran umum, coaching clinic QRIS serta talkshow.

“Talkshow dibuat untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap kebijakan Bank Indonesia,” ungkap Wiwiek. Juga lanjutnya, terkait perkembangan dan tantangan ekonomi digital serta memperkenalkan layanan-layanan perbankan dalam kegiatan Digifest Sumatera 2020.

Dan talkshow nantinya akan diambil beberapa topik, antara lain kebijakan sistem pembayaran BI yang bertujuan untuk mensosialisasikan visi-misi dan kebijakan Bank Indonesia di bidang sistem pembayaran, khususnya Quick Response Indonesian Standard [QRIS].

Lalu ekonomi digital yang tujuannya meningkatkan pengetahuan dan awareness masyarakat terkait perkembangan ekonomi digital, risiko dan tantangan yang akan dihadapi serta potensi yang dapat dimanfaatkan.

Serta topik talkshow lainnya yakni layanan perbankan dengan tujuannya memberikan edukasi terkait perkembangan inovasi layanan perbankan serta meningkatkan akses layanan jasa keuangan.

“Untuk narasumber dalam talkshow nanti selain dari BI, ada praktisi ekonomi digital maupun asosiasi akan ada juga perbankan di wilayah kerja (Wilker) masing-masing. Kita harapkan audiennya pelajar, mahasiswa, akademisi, kaum milineal, pelaku usaha serta Pemerintah daerah [Pemda],“ kata Wiwiek.

Disebutkan Wiwiek pula, Digifest Sumatera 2020 ini merupakan suatu upaya untuk mendorong penggunaan sistem pembayaran nontunai. Mensosialisasikan kewajiban penggunaan QRIS untuk seluruh pembayaran melalui kanal QR Code di Indonesia, serta memperkenalkan inovasi teknologi dan layanan digital yang telah tersedia di Sumatera.

* Laporan Roni Neliati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here