Gunungsitoli-Intipnews com:Bupati Nias Sokhiatulo Laoli didampingi Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu mengecek langsung kesiapan ruang isolasi bagi penderita Corona Virus Desiase [Covid 19] di Rumah Sakit Umum Daerah [RSUD] Gunungsitoli, Sumatera Utara, Rabu 8 April 2020 [foto].

“Kita mengecek kesipaan ruang isolasi pasien Covid 19, karena RSUD Gunungsitoli ditetapkan sebagai Rumah Sakit rujukan penderita Covid 19 di Kepulauan Nias,” ungkap Bupati Nias.

Bupati Nias mengakui, setelah mengecek langsung, ruang isolasi yang disiapkan sebanyak dua ruangan dengan kapasitas 12 tempat tidur di RSUD Gunungsitoli masih perlu pembenahan agar sesuai dengan standart penanganan pasien Covid 19.

Bahkan dia mengakui, saat ini RSUD Gunungsitoli juga kekurangan Sumber Daya Manusia [SDM] dan Alat Pelindung Diri [APD] untuk penanganan pasien Covid-19. “Mau tidak mau, karena sudah ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan, kita harus siap melayani jika ada pasien Covid-19,” ucapnya.

Sedangkan untuk kekurangan SDM dan APD, RSUD Gunungsitoli menurut dia akan meminta bantuan dari Provinsi Sumatera Utara dan membeli sendiri APD.

“Tadi saat teleconfrence dengan Menteri Dalam Negeri, kita sudah memberitahu apa yang kita butuhkan dan Mendagri berjanji membantu dan akan membagi bagi APD, masker, rapid tes dan keperluan lainnya untuk penanganan Covid-19 di daerah daerah minggu depan,” ungkapnya.

Bahkan menurut Bupati Nias, minggun depan Gubernur Sumatera Utara [Sumut] akan datang ke Pulau Nias, sehingga dia berharap kedatangan Gubernur sekalian membawa bantuan APD, Masker dan rapid tes.

“Kita juga sudah meminta Gubernur Sumatera Utara menempatkan sementara Dokter spesialis paru dan anatesis di RSUD Gunungsitoli, karena dokter spesialis paru saat ini belum ada di RSUD Gunungsitoli,” jelasnya.

Direktur RSUD Gunungsitoli dr.Julianus Dawolo sebelumnya telah memberitahu untuk pembenahan ruang isolasi untuk satu lantai, mereka membutuhkan dana sebesar Rp 4,5 milliar.

“Kita sudah ajukan dana tersebut ke Provinsi, semoga dapat terealisasi secepatnya karena pembenahan ruang isolasi penderita Covid 19 harus segera dilakukan,” harapnya. Pada kunjungan Bupati dan Wakil Bupati Nias di RSUD Gunungsitoli juga terlihat ikut hadir anggota Dprd Provinsi Sumatera dari Komisi E Budieli Laia dan Pdt Berkat Laoli.

* Laporan Irwanto Hulu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here