Kadis PMD [kanan] didampingi Camat Laut Tador

Batu Bara-Intipnews.com:Penerbitan Surat Keputusan [SK] pemberhentian 16 perangkat desa [Perades] di Desa Sei Simujur Kecamatan Laut Tador Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara terdapat kekeliruan, kepala desa [Kades] Sutimin diminta membatalkan SK tersebut.

Demikian dikatakan Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa [PMPD] Batu Bara, Radiansyah F Lubis S.Sos, melalui telephon seluler kepada wartawan Rabu 8 April 2020, pihaknya bersama Camat Laut Tador Adil Hasibuan telah meminta Kades Sei Simujur untuk membatalkan SK pemberhentian 16 Perades.

“Usai rapat kemarin Selasa [7/4/2020] saya dan Camat Laut Tador telah meminta Kades untuk membatalkan SK pemberhentian selanjutnya mengembalikan para Perades pada posisi semula,” ungkapnya.

Proses pemberhentian Perades yang dilakukan Kades Sei Simujur Sutimin, tambah Kadis, terdapat kekeliruan dan tidak sesuai mekanisme. Apalagi SK itu tanpa rekomendasi tertulis camat.

“Tidak ada rekomendasi tertulis Camat adalah pelanggaran,” tegas Radiansyah. Selain pembatalan SK Kadis juga mengatakan pihaknya meminta Kades untuk lebih fokus pada pencegahan covid 19.

Terpisah Camat Laut Tador Adil Hasibuan mengatakan sudah memerintahkan Kades Sei Simujur untuk membatalkan SK pemberhentian 16 Perades. “Saya masih menunggu jawaban dari Kades” jawabnya singkat.

Sebelumnya pemberhentian Perades yang dilakukan Kades dinilai tidak mengacu pada peraturan mendapat tanggapan dari berbagai kalangan.

Menurut pemerhati sosial di Batu Bara Zainuddin Zen, jika dalam proses pemberhentian Parades melanggar aturan maka pihak berkompeten harus segera membatalkan SK pemberhentian yang keliru.

“Lepaskan kepentingan-kepentingan tertentu dan lakukan prosesnya sesuai amanah undang-undang demi terwujudnya Pemerintahan desa yang bersih dan taat hukum,” tegasnya.

* Laporan Muhammad Amin

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here