Kemendagri telah mengeluarkan surat edaran ke Gubernur dan Bupati/ Walikota perihal penundaan sementara usulan pergantian pejabat di lingkungan pemerintah daerah…

Medan-Intipnews.com:Pecah kabar di-publish media massa, Plt Kepala Dinas [Kadis] Pendidikan Arsyad Lubis, yang juga Sekretaris Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, malah melantik 13 kepala sekolah [Kepsek] di tengah pandemi virus corona [Covid-19].

Informasi dihimpun Intipnews.com Selasa 14 April 2020, pelantikan berlangsung [foto-istimewa] selama 2 hari, Senin dan Selasa 6-7 April di Medan, dan Brastagi, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara [Sumut]. Namun pelantikan di spanduk yang dipajangkan di aula SMKN 1 Brastagi itu dibuat tanggal mundur.

Kegiatan yang digelar Selasa, 7 April, dicantumkan di spanduk Jumat, 13 Maret 2020. Padahal pelantikan 6 April 2020 dilakukan Arsyad di SMKN 2 Jl STM Medan. Kegiatan Arsyad Lubis mendapat tanggapan berbagai pihak, di tengah pandemi Covid-19, diketahui dirinya tidak mematuhi.

Sebagaimana di-publish media massa, anggota Komisi E Budeli Laia menyebutkan pelantikan 13 Kepsek ini harus dilihat dari aspek hukum. Kemendagri telah mengeluarkan surat edaran kepada Gubernur dan Bupati/Walikota di seluruh Indonesia perihal penundaan sementara usulan pergantian pejabat di lingkungan pemerintah daerah.

Kemudian jelasnya, usulan mutasi PNS antar daerah pada masa kedaruratan Kesehatan masyarakat Covid-19 lewat surat Nomor : 800/1941/OTDA, namun jangan lupa, UU Pilkada No 10 tahun 2016 berbicara lain.

Di pasal 71 ayat (2) di undang-undang tersebut disebutkan para gubernur, wakil gubernur, bupati, dan wakil bupati, maupun wali kota dilarang melakukan penggantian pejabat enam bulan sebelum masa penetapan pasangan calon sampai akhir masa jabatan.

Artinya, seluruh kepala daerah untuk tidak melakukan mutasi pejabat sebelum pelaksanaan Pilkada 2020. Ketika awak media menanyakan prihal pelantikan Kepsek yang dilakukan Plt Kdisdik Arsyad Lubis, Wagubsu Musa Rajekshah via whatsapp, mengaku tidak mengetahuinya. *Itp-02

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here