30 Persen Penduduk Melayu di Tanjungbalai

27
Teks foto; Plt Walikota Tanjungbalai terima kunjungan Ketua Umum PB MABMI

Tanjungbalai-intipnews. com:  30 persen lebih  jumlah penduduk melayu di daerah Tanjungbalai Sumatera Utara . Hal  ini dikatakan Plt Walikota Tanjungbalai H Waris Thalib saat menerima kunjungan Ketua Umum Pengurus Besar Majelis Adat melayu Indonesia (PB MABMI) Dato’Seri H Syamsul Arifin,Kamis 13 Januari di pendopo rumah dinas Walikota jalan Sudirman Tanjung balai.   

“Pemerintah Kota (Pemko)Tanjungbalai tetap mengangkat dan memperkenalkan  kembali citra sejarah  kebudayaan melayu ke generasi muda anak Tanjungbalai.,”katanya.

Plt Walikota Tanjungbalai yang juga Ketua Pujakesuma, ingin Kebudayaan melayu tetap berkembang .” Jangan sampai generasi anak muda lupa dengan kebudayaan melayu, karena bumi Tanjungbalai adalah Bumi dan tanah melayu,” ucapnya.

Plt Walikota Tanjungbalai berharap Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dapat bersinergi dengan  PD MABMI Tanjungbalai khususnya, untuk merealisasikan program dan gagasan Pemkot Tanjungbalai untuk menghidupkan kembali kesejarahan Melayu di kota yang kita cintai ini.

Kota Tanjungbalai akan membuat museum melayu dengan segala adat budaya pernak perniknya .” Sudah kita arahkan itu difungsikan nanti pada Bangunan Bersejarah. Dinas Pendidikan sedang memprosesnya,”katanya.

 Selain itu ia akan mendirikan  3 istana peradaban Melayu  di Tanjungbalai. “Anak anak dan pelajar njungbalai akan di perkenalkan kebudayaan Melayu dan kita akan membuat Sayembara pertunjukan terkait kekayaan Melayu dari mulai tarian, nyanyian dan lain lain,”jelasnya.

Plt Walikota Waris juga mengungkapkan rasa gembira dan bahagia dapat menerima silaturrahmi Dato’ Syamsul Arifin.”Terima Kasih kepada Dato’ yang sudah berkenan hadir di Tanjungbalai. Semoga kehadiran Dato’ membawa keberkahan bagi Tanjungbalai. itp.dev