89 Persen Warga Pulau Nias Sudah Divaksin

30
89 Persen Warga Pulau Nias Sudah Divaksin
89 persen warga Nias sudah menerima vaksin. (Foto: Ist)

Nias-Intipnews.com: Warga Kepulauan Nias, Sumatera Utara sudah 89 persen yang menerima vaksin Corona Virus Desiase (Covid19) Dosis I, dan 69 persen menerima vaksin dosis II.

“Saat ini 89 persen warga Nias sudah menerima vaksin dosis I, 69 persen vaksin dosis II, sedangkan untuk anak sudah 80 persen dosis I dan 33 persen dosis II,” ungkap Kapolda Sumut Irjen.Pol.Drs.R.Z. Panca Putra S, M.Si saat meninjau pelaksanaan vaksinisasi terhadap pelajar di Sekolah Madrasah Alliyah Negeri (Man) di Kota Gunungsitoli, Kamis.

Kapolda Sumut memberitahu beliau datang ke Pulau Nias dengan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Pangdam I/BB Mayjen.TNI Hassanudin adalah untuk mengejar dan menuntaskan pelaksanaan vaksinasi terhadap seluruh warga Pulau Nias.

“Sebanyak 1.500 dosis vaksin baik kepada lansia dan pelajar disebar agar target vaksinasi di Kepulauan Nias tercapai,” terangnya.

Tidak lupa Kapolda Sumut memberitahu jika data penyebaran Covid19 saat ini di Pulau Nias tinggi, dan dia meminta seluruh pihak harus siap menghadapi dentuman gelombang 3 pandemi Covid19.

Sebagai daerah kunjungan wisata, menurut dia Pulau Nias harus menyiapkan tempat isolasi untuk memutus mata rantai, dan jalur masuk wisatawan seperti di Bandara juga harus diperketat

“PPKM harus disosialisasikan dengan baik kepada masyarakat, batasi kegiatan masyarakat yang bersifat mengumpulkan massa, perketat penerapan Prokes dan berlakukan aturan aturan baik yang dikeluarkan Mendagri maupun Gubsu,” sarannya.

Dia juga membeberkan jika data capaian vaksinasi dosis II untuk lansia di Pulau Nias masih sangat rendah.

“Kita harus kejar lansia yang belum divaksin dengan melakukan vaksinasi secara door to door, dan vaksinasi harus terus kita tuntaskan dengan cara bekerjasama dan bergandengan,” tuturnya. (irwanto)