Ada Satu Desa di Palas, Diduga Dana Desa Tidak Bisa Disalurkan

656
Ada Satu Desa di Palas, Diduga Dana Desa Tidak Bisa Disalurkan

Palas-Intipnews.com – Dari 303 Desa di Kabupaten Padang Lawas (Palas), ada satu desa, yakni Desa Aek Tunjang Kecamatan Barumun Tengah diduga tidak bisa disalurkan Dana Desa (DD) karena tidak mengajukan pencairan dana tahap I sebesar 40 persen.

Karena tidak mengajukan penyaluran dana Tahap I, maka desa tersebut tidak bisa mengajukan penyaluran Tahap II sebesar 40 persen berikutnya.

Demikian disampaikan Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Padang Lawas (Palas) Hj.Yenny Nurlina Siregar melalui Kepala Bidang Perbendaharaan dan Akutansi Ita kepada Intipnews.com, Kamis (25/8/2022).

“Ada satu desa yang tidak disalurkan Tahap II, karena desa tersebut tidak mengajukan permohonan peyaluran Tahap I. Desanya Aek Tunjang,” ujar Ita.

Terkait hal tersebut, Kepala Inspektorat Daerah Harjusli Fahri Siregar yang dijumpai di kantornya, menyampaikan bahwa DD Aek Tunjang tahun 2022 tidak bisa lagi disalurkan.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tahap I (Januari-Pebruari-Maret) tidak bisa dicairkan lagi. Akan tetapi kata Harjusli, BLT Tahap II dan seterusnya dapat diajukan penyalurannya.

“BLT tetap ada, triwulan I (Tahap I,red) hangus, Triwulan II dan seterusnya dapat diajukan penyalurannya,” tegas Harjusli. (Sahat Gemayel Lubis)