Ada Tim Penilai Lomba Desa/Kelurahan Provinsi Sumut, PJ Walikota Tebingtinggi Berharap Tingkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat

10

Tebingtinggi-Intipnews.com: Adanya kegiatan Tim penilai Lomba Desa/ Kelurahan terbaik Kabupaten/ Kota se-Sumatera Utara tahun 2023, Kamis (13/07/2023) kunjungi Kelurahan Mekar Sentosa Jl. Gg.Selamat, Kecamatan Rambutan dapat dijadikan momentum dan masukan yang baik dalam pelayanan di masyarakat . Inilah harapan Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si.

“Karena kita sama-sama maklum di tengah berbagai keterbatasan tidak ada kata toleransi untuk memberikan pelayanan. Karena itu perlu berbagai upaya tambahan yang dilakukan akan memancing berbagai inovasi didalamnya,” ujar Pj Wali Kota.

Kepada warga di Kelurahan Mekar Sentosa, Pj. Wali Kota menghimbau supaya menjadikan momentum ini sebagai peningkatan kualitas pembangunan kemasyarakatan.

Yang apabila jika ini berjalan dengan baik, menurut Pj. Wali Kota, ekonomi bergerak dan ini bisa menstimulan kelurahan-kelurahan lainnya, tidak hanya di Kota Tebing Tinggi termasuk juga di daerah lain, sehingga kelurahan-kelurahan lain bisa mendapat inspirasi.

“Mudah-mudahan nanti banyak masukan dari tim penilai, syukur bisa mendapat nilai yang bagus. Sekali lagi kami mengucapkan selamat datang, mohon maaf atas segala kekurangan,” demikian ucap Pj. Wali Kota.

Dalam sambutan Gubernur Sumatera Utara Edi Rahmayadi yang dibacakan oleh Plh. Kabid Pemerintah Desa Dinas PMDDukcapil provinsi Sumatera Utara selaku Ketua Tim Penilaian Desa/ Kelurahan M. Liga Dakwah Daulay, S. Sos mengatakan bahwa penilaian Desa dan Kelurahan ini secara rutin dilaksanakan setiap tahunnya sesuai peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan Desa dan Kelurahan.

Sementara, maksud dari penyelenggaraan penilaian Desa dan Kelurahan ini adalah untuk menentukan status tertentu dari capaian hasil evaluasi perkembangan sebuah Desa dan Kelurahan serta untuk mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

“Sehingga hasil evaluasi ini menjadi dasar untuk memformulasikan berbagai program pembangunan di masa akan yang datang,” kata Ketua Tim Penilaian.

Ketua Tim Penilaian meminta agar lomba Kelurahan ini jangan dijadikan beban, akan tetapi lebih dimaknai sebagai langkah konkrit untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Adapun tema dalam pelaksanaan lomba Desa/ Kelurahan yakni “Tata kelola Pemerintahan Yang Baik Dalam Mewujudkan Stabilitas Ekonomi Dan Sosial Desa/ Kelurahan”.

Dilanjutkan dengan ekspos pemaparan dari Lurah Mekar Sentosa Yolanda Amelia, S.STP. dan ekspos dari LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Kelurahan Mekar Sentosa serta TP PKK Kelurahan Mekar Sentosa. Acara dirangkai dengan pemberian bantuan sembako dari PTPN III (3) Rambutan dan PT. Inalum.  

Turut dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Bambang Sudaryono, Camat Rambutan Marwansyah Harahap, S.STP., Kabag Pemerintahan Ramadhan Barqah Pulungan, SP., M.Si., tim penilai provinsi Sumatera Utara, Kepala Lingkungan di Kelurahan Mekar Sentosa dan tamu undangan.Itp05