Anggota DPRD Toba Sesalkan Pemkab Toba Terlambat Mengeluarkan Gaji ASN

536

Toba-Intipnews.com : Anggota DPRD Toba Sabaruddin Tambunan AMD  menyesalkan adanya  keterlambatan Pegawai Negeri Sipil di kabupaten Toba belum menerima gaji hingga saat ini.  

“Penyebabnya,  salah satunya belum dikukuhkannya pejabat eselon II di Kabupaten Toba,” kata Sabaruddin Tambunan AMD  yang juga Ketua DPC PKB Toba kepada wartawan, Selasa 11 Januari 2022.

Hal ini terkait adanya  keterlambatan ASN di Kabupaten Toba belum Menerima gaji. Ia juga berharap masalah ini segera diselesaikan pihak Pemkab Toba, mengingat semangkin banyak kebutuhan keluarga ASN.

Persoalan ini juga ditanggapi Mantan Anggota DPRD Toba Samosir Sabar Silalahi SH (foto) melalui televon selulernya, menyesalkan pengelolaan anggaran apalagi untuk gaji ASN yang sangat dibutuhkan keluarga AS N yang baru merayakan hari Natal dan Tahun Baru. 

Soal gaji ini kata Sabar, sangat sangat riskan karena menyangkut hidup keluarga. Seharusnya Bupati Toba dan Sekda sebagai Kepala Pengguna Anggaran komunikasi dengan para ASN bawahannya,menyatakan apa sebenarya penyebab belum gajian.

“Sehingga mereka tidak bertanya-tanya dalam diri keluarganya,apa sebenarnya yang terjadi,kata Mantan Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tobasa ini

Menanggapi hal itu,Sekda Toba Audi Murphy SH ketika dikonfirmasi melalui televon selulernya,Selasa (11/1),belum menjawab.  

Dan Sampai berita ini dikirimkan,Selasa 11 Januari 2022, para Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Toba belum gajian. Entah apa penyebabnya, para ASN masih bingung apa alasan pimpinan mereka tentang belum dibayarkannya gaji tersebut.

Beberapa ASN ketika dimintai keterangannya,menyebutkan, sampai saat ini,Selasa 11 Januari 2022, mereka belum gajian. 

“Kami pun bingung,baru kali ini telat gajian. Biasanya tanggal 2 setiap bulannya,kami sudah menerima gaji kami,ini malah sudah telah seminggu lebih,” ucap beberapa ASN yang mengaku dari dinas kesehatan dan pendidikan.

Mereka yang tidak ingin disebutkan namanya pun mengatakan,akibat gaji yang belum diterima mereka, keluarga mereka jadinya bertanya-tanya apa penyebabnya.

“Keluarga udah bingung karena apa,anak lagi sekolah dan keperluan rumah tangga. Terlebih baru menyelesaikan tahun baru,anak juga mau sekolah di Perguruan Tinggi,’ ungkap para ASN itu kecewa dengan pemerintahan Bupati Ir Poltak Sitorus Msc itu. * Laporan Manuala