Aparat Keamanan Tingkatkan Koordinasi Dengan Panwas Pastikan Pemilu Lancar

11

Oleh : Mika Putri Larasati

Aparat keamanan terus berupaya untuk meningkatkan koordinasi, kolaborasi dan konsolidasi dengan pihak Panitia Pengawas (Panwas) Pemilihan Umum. Hal ini bertujuan untuk memastikan agar seluruh proses tahapan rangkaian Pemilu 2024 berjalan dengan lancar dan aman.

Salah satunya dilakukan oleh Kepolisian Sektor (Polsek) Sekadau Hulu yang terus menjalin kerja sama dengan pihak Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) hhuna semakin menjaga keamanan dan juga kelancaran pelaksanaan pesta demokrasi dan kontestasi politik tahun 2024 mendatang.

Mengenai koordinasi aparat keamanan dengan pihak Panwas Pemilu tersebut, Kapolsek Sekadau, Inspektur Polisi Dua (Ipda) Jesi Sinarta Sianturi mengungkapkan bahwa adanya koordinasi yang baik antara pihak kepolisian dengan panwascam sendiri merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan demi terus menjaga keutuhan dan keamanan dalam pemilihan mendatang.

Dalam hal itu, pihaknya juga memiliki komitmen yang sangat kuat untuk bisa terus memberikan dukungan secara penuh kepada Panwascam dalam segala hal yang berkaitan dengan pengawasan Pemilihan Umum. Tentu dengan adanya koordinasi yang baik, jelas akan sangat membantu dalam mengawal Pemilu agar bisa terlaksana secara transparan dan jujur.

Selain itu, pihak aparat keamanan sendiri juga telah mengambil serangkaian pendekatan dan langkah untuk semakin memperkuat adanya koordinasi tersebut. Beberapa langkah itu termasuk dengan mengadakan pertemuan secara rutin guna membahas strategi pengawasan dan pemantauan dalam pelaksanaan Pemilu, serta juga melakukan kegiatan patroli secara dialogis bersama dengan tiga pilar.

Tidak bisa dipungkiri bahwa dengan adanya kerja sama serta koordinasi yang sangat baik antara pihak aparat keamanan dengan penyelenggara Pemilu maka akan memberikan jaminan bagi pelaksanaan Pemilu yang adil dan demokratis di masyarakat, sehingga ke depannya kualitas akan demokrasi di Tanah Air juga akan terus membaik.

Seluruh langkah hingga strategi yang dilakukan tersebut telah sesuai dengan penandatanganan kesepakatan atau MoU yang sebelumnya telah ditandatangani oleh Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) bersama dengan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait dengan adanya sinergitas pelaksanaan tugas dan fungsi dalam bentuk komunikasi hingga koordinasi bersama selama tahapan Pemilu berlangsung.

Pihak Panwaslu sendiri kemudian menyambut dengan sangat baik adanya langkah yang diambil oleh aparat keamanan tersebut dalam upaya mereka untuk terus memperkuat kerja sama dan koordinasi antar pihak. Panwaslu juga berharap agar terjalinnya kerja sama itu dapat terus ditingkatkan lagi guna semakin menjaga adanya integritas dan kejujuran pada saat pesta demokrasi.

Bukan hanya dari Sekadau Hulu saja, namun menjelang pelaksanaan kontestasi politik dalam perhelatan Pemilu tahun 2024 mendatang, pihak Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Subang juga terus melakukan pengecekan pada gudang logistik Pemilu.

Dalam kegiatan pengecekan akan kesiapan pada gudang logistik itu, dilakukan juga dalam rangka untuk semakin memastikan akan keamanan logistik untuk pelaksanaan Pemilu di wilayah tersebut. Ketua Panwaslu Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Subang, Kudrin R. J. S mengungkapkan bahwa dalam melakukan pengecekan, pihaknya juga menggandeng beberapa lembaga terkait seperti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) serta langkah tersebut dilakukannya untuk memastikan semua kebutuhan logistik pada Pemilu benar-benar telah tersimpan dengan aman di tempat yang layak sebagaimana sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Berdasarkan dari hasil pengecekan yang dilakukan, telah terpantau secara langsung di lokasi penyimpanan logistik Pemilu 2024 bahwa seluruh logistik tersimpan dengan aman dan baik. Meski begitu, pemantauan akan bagaimana keadaan gudang logistik Pemilu tersebut terus dilakukan, tentunya supaya nanti pada saat dibutuhkan semua logistik yang diperlukan mampu benar-benar tersedia dan juga tetap dalam keadaan atau kondisi yang aman.

Semua proses mulai dari penyediaan, pendistribusian, logistik Pemilu 2024 hingga tempat penyimpanan logistik sendiri memang menjadi sangat penting untuk terus diawasi demi menjamin akan kelancaran berjalannya pesta demokrasi.

Sementara itu, guna memastikan keamanan dan kelancaran di Kantor Panwaslu dan PPK Kecamatan, pesonel Subsatgas (Satuan Gabungan) Polsek Ledo dengan rutin melakukan patroli secara dialogis untuk memastikan bagaimana situasi menjelang Pemilu 2024 selalu dalam kondisi dan keadaan yang kondusif.

Kapolsek Ledo Ipda Kasianus mengatakan bahwa patroli dialogis yang dilakukan oleh pihaknya merupakan bentuk dukungan dari jajaran aparat keamanan terhadap pihak penyelenggara Pemilu serentak tahun 2024. Maka dari dilakukan kegiatan patroli dialogis ke kantor Panwaslu dan PPK Kecamatan yang bertujuan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

Kegiatan yang digencarkan oleh aparat keamanan merupakan bagian dari Operasi Mantab Brata (OMB) untuk memastikan supaya Pemilihan Umum mendatang berjalan dengan aman dan tertib serta juga untuk semakin mendukung kelancaran proses demokrasi di Indonesia.

Kepastian Pemilu yang lancar memang sangat dibutuhkan oleh seluruh rakyat di Indonesia karena hal tersebut merupakan hajat yang sangat penting bagi bangsa ini. Maka dari itu, untuk memastikan seluruh prosesnya berjalan dengan lancar, pihak aparat keamanan menggandeng secara kolaboratif panitia pengawas Pemilu untuk semakin memperkuat koordinasi secara bersama.

 Penulis adalah kontributor Ruang Baca Nusantara