Arief Sudarto: Koordinator TPAKD Dorong Tumbuh Usaha Kecil

11

Medan-Intipnews.com:Pengukuhan koordinator TPAKD diharapkan masyarakat dapat mengakses keuangan yang terbuka. Dapat dimanfaatkan mendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat terutama dari pengusaha kecil.

Demikian dikatakan Pjs Walikota Medan Ir Arief Sudarto Trinugroho MT saat turut menyaksikan pengukuhan Sekretaris Daerah [Sekda] Kota Medan menjadi Koordinator Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah [TPAKD] Kota Medan, Selasa 20 Oktober 2020 [foto].

Pengukuhan dilaksanakan Gubernur Sumatera Utara [Gubsu] Edy Rahmayadi di rumah dinas Gubsu Kecamatan Medan Polonia. Gubsu mengukuhkan koordinator TPAKD Kota Medan dan TPAKD Kabupaten Tapanuli Utara, dan TPAKD 27 kabupaten/kota se-Sumut secara virtual.

Pengukuhan diharapkan dapat menggali potensi ekonomi daerah yang dapat dikembangkan. Dengan menggunakan produk dan layanan jasa keuangan serta membuka akses keuangan yang lebih produktif bagi masyarakat untuk mengembangkan UMKM di Sumatera Utara.

“Jadi ada yang bentuknya Kredit Usaha Rakyat [KUR], ada yang bentuknya pinjaman, menanggulangi rentenir dan sebagainya. Jadi dengan adanya akses ini, mereka lebih mudah, lebih cepat ke lembaga keuangan tentunya. Sehingga kegiatan usaha di masa pandemi Covid 19 dapat kita tumbuhkan dan kita jaga,” ungkap Arief.

Sebelumnya, Gubsu mengatakan adanya pengukuhan TPAKD ini dapat mengembangkan klaster ekonomi di tingkat daerah baik dari kecamatan, kabupaten serta provinsi dalam menguatkan ekonomi bangsa. Gubsu meminta kepada bupati dan walikota agar bekerja keras dan mengarahkan dengan benar koordinator TPAKD ini. *Itp-04