ASN Harus Teruskan Perjuangan Pahlawan, Hadirkan Kesetaraan dan Keadilan di Tengah Masyarakat

36

Medan-Intipnews.com: Pelaksanaan upacara Peringatan Hari Pahlawan 2023 berlangsung penuh khidmat di halaman depan Balai Kota Medan, Jumat (10/11/2023). Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman yang bertindak sebagai pembina upacara, mengingatkan kepada seluruh peserta upacara untuk memanfaatkan kemudahan sistem birokrasi guna mensejahterakan masyarakat.

“Kita harus memanfaatkan kemudahan sistem reformasi birokrasi yang ada saat ini untuk mensejahterakan rakyat. Hal tersebut penting dilakukan sebagai upaya dalam melanjutkan perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan,” kata Aulia Rachman.

Dalam upacara yang mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”, Aulia yang memimpin upacara mewakili Wali Kota Medan Bobby Nasution ini selanjutnya mengatakan, perjuangan para pahlawan itu harus diteruskan para ASN saat ini.

“Salah satunya bagaimana kita sebagai ASN dapat menghadirkan kesetaraan dan keadilan di tengah masyarakat. Itu menjadi tugas kita,” ungkapnya. “Dengan terciptanya kesetaraan dan keadilan, maka ketimpangan sosial yang ada di tengah masyarakat dapat dihilangkan secara masif dan terstruktur,” imbuhnya.

Oleh karenaya kepada para ASN, Aulia berpesan untuk bekerja dengan maksimal  dan sepenuh hati. Selain itu, bilangnya, urusan warga yang ekonominya lemah harus dipermudah dan dibantu untuk mendapatkan bantuan dari Pemerintah. “Itu point utama agar ketimpangan itu bisa hilang dan ASN harus jadi pelayan masyarakat yang baik dan amanah,” pungkasnya.

Prosesi upacara berjalan dengan tertib, diawali dengan pengibaran Sang Saka Merah Putih diiringi dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan pembacaan Teks Pancasila oleh Pembina upacara. Setelah itu pembacaan Pembukaan UUD 1945 dan pesan-pesan pahlawan serta dipungkasi doa.Itp05