ASN Pemkab Sergai Dilibatkan Meriahkan Eks Pekan Lelo di Pasar Rakyat Sei Rampah

38
ASN Pemkab Sergai Dilibatkan Meriahkan Eks Pekan Lelo di Pasar Rakyat Sei Rampah
Para ASN yang berdomisili di Kabupaten Sergai sedang berbelanja di Pasar Rakyat Sei Rampah, Minggu (31/10/21). | Foto: Ist

Sei RampahIntipnews: Pemerintah Kabupaten Serdang Begadai (Pemkab Sergai) melibatkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdomisili di Kabupaten Sergai untuk berbelanja di Pasar Rakyat Sei Rampah, dalam rangka mendukung program relokasi Pekan Lelo, Minggu (31/10/21).

Saat ditemui di sela-sela kegiatan tersebut Bupati Sergai H Darma Wijaya mengatakan, belanja bersama di Pasar Rakyat hari ini merupakan bentuk dukungan penuh Pemkab Sergai terhadap keberlanjutan aktivitas para pedagang eks Pekan Lelo.

“Seperti yang sudah berulangkali disampaikan, pemerintah  tidak akan menyengsarakan masyarakatnya. Pada hari ini, hal tersebut terlihat jelas,” tegasnya.

Bupati melanjutkan, Pekan Lelo dalam banyak aspek tidak memenuhi syarat untuk beroperasi, sehingga dilakukan penghentian aktivitas. Akan tetapi Pemkab Sergai tidak lantas lepas tangan. Pemkab Sergai lantas mengeluarkan kebijakan yang bisa dikatakan pilihan terbaik yaitu dengan melakukan relokasi. 

Ia menuturkan, tidak hanya sekadar memindahkan saja, pedagang yang direlokasi juga diuntungkan karena tidak dipungut biaya sepeser pun untuk berjualan di area lapak yang sudah disediakan, selain tentunya ditambah dengan berbagai fasilitas standar lain yang sebelumnya tidak layak atau belum ada di Pekan Lelo.

“Bisa kita lihat pasar relokasi ini memiliki berbagai sarana yang jauh lebih baik, lebih lengkap, dibanding lokasi lama Pekan Lelo. Mulai dari musala, sanitasi, tata lapak, akses jalan, sampai dengan ruang laktasi bagi para ibu yang menyusui, sudah tersedia dan bisa dipakai oleh para pedagang maupun pembeli yang datang. Terpantau, sekitar 50% lapak yang disediakan di pasar relokasi ini sudah diisi oleh para pedagang,” terangnya.

Dirinya juga menyebut, dalam kegiatan belanja bersama ini, antusiasme ASN juga terlihat jelas, terbukti dengan keikutsertaan para ASN dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memadati lapak-lapak yang digelar di area pasar relokasi, berbaur dengan warga lain yang ikut bertransaksi, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes).