Awas Ada Pita Cukai Palsu

12
Awas Ada Pita Cukai Palsu
Sosialissi pita cukai tembakau (Foto: Itp/Ist)

Binjai-Intipnews.com: Asisten II Pemko Binjai sekaligus Plt. Kepala BPKPAD Kota Binjai Affan Siregar hadiri sosialisasi pengelolaan dan penggunaan dana bagi hasil cukai tembakau, hal ini untuk mengedukasi  pelaku usaha dalam  mengawasi pita cukai palsu,Selasa (14/12/2021) di Aula Pemko Binjai (Foto). 

 Sosialisasi diselenggarakan oleh Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kota Binjai  menghadirkan pembicara Kepala Bidang Anggaran Nadratul Firda, Kabid Perbendaharaan M Rifi Hamdani, perwakilan dari KPP Bea Cukai Medan Aulia Nasution.

Menurut Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cuka Nomor Per-42/BC/2016 Tentang Bentuk Fisik dan/atau spesifikasi Desain Pita Cukai Hasil Tembakau dan Pita Cukai Minuman yang Mengandung Etil Alkohol Tahun 2017, terdapat ciri-ciri pita cukai pada barang hasil tembakau.

Pita cukai asli pada barang hasil tembakau sekurang-kurangnya akan memuat satu hologram. Dalam hologram tersebut akan terdapat teks BC dan RI, terdapat lambang negara RI yaitu burung garuda, terdapat lambang Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, terdapat tarif cukai, terdapat angka tahun anggaran, terdapat harga jual eceran, terdapat teks “REPUBLIK” atau “INDONESIA” dengan huruf kapital. Terdapat teks “CUKAI HASIL TEMBAKAU” dengan huruf kapital,  terdapat jumlah isi kemasan, dan terdapat jenis hasil tembakau. * itp/Riza