Banjir dan Angin Puting Beliung Landa Aceh Barat

27
Banjir dan Angin Puting Beliung Landa Aceh Barat
Foto: Itp-Des

Aceh BaratIntipnews: Akibat diguyur hujan seharian, Kota Sufi, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat dan sepanjang jalan nasional mulai dari Gardu Lantas hingga Simpang Peluru mengalami banjir pada Jumat (30/9/2021) hingga Sabtu, 1 Oktober 2021 dini hari.

Banjir yang melanda Kota Meulaboh dan sekitarnya, selain guyuran hujan semalaman, juga diduga akibat drainase di daerah Lorong Kuini, Kampung Pasir Putih dan seputar Ujung Kalak mengalami penyumbatan, sehingga tidak dapat menampung debit air hujan dan mengakibatkan banjir di seputaran Kota Meulaboh.

Tidak sampai di situ, pada saat bersamaan angin puting beliung datang melanda dan merusak sejumlah rumah penduduk dan 1 gedung Sekolah Dasar (SD) di daerah Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahwan.

Berdasarkan data, ada 8 rumah warga di Desa Suak Ribee dan 1 rumah warga di desa Gunong Kleng mengalami kerusakan, dengan kerugian ditaksir sekira puluhan juta rupiah.

Untuk kerusakan pada fasilitas umum (Fasum) serta gedung Sekolah Dasar (SD) yang terletak di daerah Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahlawan, kondisinya rusak parah pada bagian atap dan ruang belajar. 

Informasi yang dihimpun, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat, baik dari Dinas Sosial (Dinsos) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh barat maupun dari pihak Dinas Pendidikan (Disdik), akan mengupayakan perbaikan secepat mungkin penanganan terhadap masyarakat Desa Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahlawan, kata Humas Sekda Aceh Dedi. * Des