Bank Indonesia: Inflasi Sumut Tahun 2021 Diperkirakan Akan Meningkat

147
Bank Indonesia Inflasi Sumut Tahun 2021 Diperkirakan Akan Meningkat
Foto: Istimewa

MedanIntipnews: Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Soekorwardojo, saat daring tentang Capacity Building Road to TPID Awards 2022 Sumut, Jumat (8/10/2021) mengatakan, inflasi Sumut tahun 2021 diperkirakan akan meningkat dibandingkan tahun 2020. Namun ke depan BUMD, Pangan akan menjadi salah satu tools kunci menjaga ketahanan pangan daerah.

Untuk itu jelasnya, inflasi Sumut tahun 2021 diperkirakan akan meningkat dibandingkan tahun 2020. Kenaikan tekanan inflasi seiring dengan membaiknya kondisi perekonomian, didukung percepatan program vaksinasi oleh Pemerintah.

Selanjutnya Bank Indonesia (BI) menilai, pelaksanaan program pengendalian inflasi di Sumatera Utara (Sumut) masih memiliki potensi yang sangat besar untuk terus didorong dan dikembangkan.

Beberapa hambatannya antara lainnya masih minimnya peran badan usaha milik daerah (BUMD) yang dapat menjadi stabilisator dikala harga naik ataupun turun melalui mekanisme KAD dan hilirisasi menjadi produk olahan, serta belum adanya infrastruktur pendukung seperti Cold Storage.

Di sisi lain, pengalaman dan akses pasar yang dimiliki untuk produk hortikultura, juga masih sangat terbatas, mempertimbangkan Sumut belum memiliki BUMD khusus yang bergerak di bidang pangan. 

Dan aktivitas perekonomian pada beberapa industri seperti otomotif, mamin (makanan dan minuman), dan horeka (hotel, restoran dan kafe) juga telah mulai beroperasi meski masih terbatas. Dengan perkembangan tersebut, realisasi inflasi Sumut tahun 2021 diproyeksikan masih berada pada rentang sasaran nasional 3%±1%, dengan potensi bias bawah.