Bantu Korban Banjir Bandang, PT TPL Dirikan Dapur Umum dan Pembersihan Lumpur

64
Bantu Korban Banjir Bandang, PT TPL Dirikan Dapur Umum dan Pembersihan Lumpur

TobaIntipnews.com: Tingginya intensitas hujan dan cuaca ekstrem dalam sepekan terakhir ini, beberapa desa di Kabupaten Toba dilanda banjir bandang, akibat meluapnya sungai Aek Mandosi yang melintasi Kecamatan Bonatua Lunasi, Kecamatan Porsea, dan Kecamatan Parmaksian, Jum’at (31/12/22) malam.

Dalam kesempatan ini, PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) melakukan aksi cepat tanggap bencana,hadir berkontribusi membantu masyarakat di malam pergantian tahun. 

Alat berat diturunkan dalam mengatasi luapan lumpur banjir bandang. Perusahaan Pulp di Toba ini juga turut mendirikan dapur umum disejumlah lokasi yang terdampak banjir bandang yaitu Desa Silamosik I Kec. Porsea serta Desa Silamosik II dan Desa Lumban Sangkalan Kec. Bonatua Lunasi.

“Kami sangat merasakan apa yang dialami masyarakat korban banjir bandang. Dalam hal ini aksi cepat tanggap bencana, PT TPL  membantu pembersihan jalan menggunakan alat berat. Dukungan sosial juga dilakukan dengan membangun dapur umum, dan pengadaan air bersih dan air minum,” tutur Suarno Simatupang, Staff Humas TPL,  Sabtu (1/1).

Suarno Simatupang mengatakan, PT TPL melakukan pembersihan jalan menggunakan alat berat di dua desa di Kabupaten Toba yaitu Desa Silamosik I Kecamatan Porsea dan Dusun 2 Lumban Mual Desa Siantar Utara (Siruar) Kecamatan Parmaksian. Di Desa Silamosik I, dukungan pembersihan jalan dilakukan dengan alat berat akibat terputusnya akses jalan.

Suarno Simatupang juga mengatakan selain pembersihan jalan, TPL juga memberikan pompa air di Dusun 2 Lumban Mual Desa Siruar untuk membantu akses air bersih,  karena rusaknya bak penampungan air yang ada di desa tersebut.

“Di desa lain juga, salah satunya Desa Lumban Sangkalan, Kecamatan Bonatua Lunasi, Kabupaten Toba, PT TPL memberikan 200 dus air minum bersih kepada masyarakat desa (foto) tersebut yang terdampak akibat terputusnya akses sumber air bersih,” tambah Suarno Simatupang.

Mewakili perusahaan, Suarno Simatupang menyampaikan rasa prihatin yang mendalam kepada para korban banjir bandang. Dan berharap cuaca ekstrem serta hujan deras di kabupaten Toba segera berlalu.

Laporan : Manuala Tampubolon