Bantu Perekonomian Warga, Bobby Nasution Ajak Buat Kelompok Usaha

126
Foto: Walikota Medan , Bobby Nasution memberikan bantuan masing-masing sebesar Rp. 1 juta kepada maring-maring ibu-ibu oelaku UMKM guna mendukung usahanya.Itp/Ist

Medan-Intipnews.com: Di acara Bansos Akbar Gerakan Sosial Kolaborasi Belawan Berkah (KBB) Bersama Forkopimda Kota Medan Bagi Keluarga Pra Sejahtera Non Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kecamatan Medan Belawan di Terminal Bandar Deli Pelindo Belawan, Jumat (2/12/2022), Wali Kota Medan Bobby Nasution mengajak warga, terutama kaum ibu dari keluarga pra sejahtera untuk membuat kelompok usaha guna mendukung kegiatan ekonomi.

“Jika ibu-ibu punya usaha, laporkan kepada kepala lingkungan, lurah dan camatnya. Nanti kami (Pemko Medan) akan memberikan bantuan modal, alat usaha serta pelatihan bagaimana caranya berjualan. Untuk mendukung ini, kami bekerjasama dengan beberapa kelompok-kelompok usaha, asosiasi usaha serta BUMN agar dapat membantu,” kata Bobby Nasution.

Selain membantu penghasilan masyarakat, jelas Bobby Nasution, bantuan yang dilakukan juga sebagai upaya membangkitkan ekonomi. Oleh karenanya, menantu Presiden RI Joko Widodo ini mengingatkan, seberapa pun bantuan yang disalurkan harus digunakan untuk mendukung perputaran ekonomi kembali.

“Jangan gunakan bantuan itu untuk yang lain, tapi benar-benar untuk mendukung usaha yang dijalankan sehingga memberikan manfaat. Untuk itu, sekali lagi saya mengajak agar ibu-ibu membuat kelompok usaha dan Pemko Medan dapat membantunya,” imbaunya.

Dalam Bansos Akbar tersebut, suami Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu ini  selanjutnya, menanyakan kepada ratusan warga yang didominasi kaum ibu, siapa yang sudah punya usaha dan butuh bantuan. Sejumlah ibu-ibu langsung tunjuk tangan, tapi orang nomor satu di Pemko Medan ini memilih tiga orang saja.

Setelah menanyakan usaha dan apa yang dibutuhkan, Bobby Nasution selanjutnya memberikan bantuan masing-masing sebesar Rp. 1 juta kepada Bu Reni yang membuka usaha kelontong, Bu Dewi (jualan sarapan pagi dan gorengan) serta Bu Herlina Nainggolan (usaha kelontong). Untuk Bu Dewi, selain bantuan Rp.1 juta, Bobby Nasution juga memberikan bantuan kompor guna mendukung usahanya.

Di hadapan unsur Forkopimda Kota Medan yang hadir di antaranya Dandim 0201/Medan Kol Inf Ferry Muzawwad SIP, Kapolres Belawan AKBP Faisal Rahmat HS SIK MH, pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, Ketua KBB Ustad Tengku Zakaria Yusuf, Camat Medan Belawan Subhan Fajri Harahap, Bobby Nasution selanjutnya mengungkapkan, selain kemiskinan dan banjir rob, persoalan lain yang ada di Medan Belawan adalah masalah narkoba.

Terkait itu, Bobby Nasution mengajak semua untuk bersama-sama berkolaborasi mengatasinya sehingga Medan Belawan bersih narkoba. Dikatakan Bobby Nasution, pemberantas narkoba harus dimulai dari dalam keluarga.

“Jika ada anggota keluarganya yang terlibat atau menggunakan narkoba, segera laporkan kepada kepling, lurah atau camat serta pihak kepolisian. Mereka dilaporkan bukan untuk ditangkap, melainkan dibina. Yang ditangkap itu bandarnya. Jadi, jangan takut untuk melapor,” harapnya.

Sebelumnya, Bobby Nasution mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada KBB yang telah menyalurkan 528 paket sembako kepada warga yang masuk kategori keluarga pra sejahtera non DTKS. Kemudian, apresiasi juga disampaikan kepada Yayasan Angsapura Medan. Selain membantu 2 ton beras kepada warga kurang mampu di Medan Belawan, Yayasan Angsapura Medan juga membantu 30 ton beras untuk warga korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.itp05