Beberapa Wewangian yang Ampuh Usir Nyamuk

102
Beberapa Wewangian yang Ampuh Usir Nyamuk
Foto Ilustrasi

Medan-Intipnews.com : Nyamuk merupakan salah satu binatang yang keberadaannya cukup mengganggu. Gangguan nyamuk di rumah bukan hanya berkaitan dengan faktor kebersihan saja, tapi bisa menimbulkan gangguan kesehatan.

Oleh karena itu, keberadaan nyamuk di rumah harus dihindari agar keluarga tercinta bisa bebas dari gigitan nyamuk penyebab penyakit, seperti Aedes aegypti yang menyebabkan demam berdarah.

Tentunya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengusir nyamuk. Nah, salah satu cara paling ampuh untuk mengusir nyamuk adalah menggunakan wewangian yang tidak disukai nyamuk. Cara ini lebih aman bagi kesehatan dibandingkan menggunakan obat nyamuk berbahan kimia. Lantas, apa saja wangi yang tidak disukai nyamuk?

Inilah 5 Wewangian yang Ampuh untuk Mengusir Nyamuk
Lavender
Sudah bukan rahasia lagi bahwa lavender memiliki wangi yang tidak disukai nyamuk. Oleh karena itu, tidak heran jika bunga lavender sering digunakan sebagai bahan utama pada berbagai macam produk pengusir nyamuk. Lavender menghadilkan minyak dan wewangian yang ampuh untuk mengusir nyamuk.

Hal ini sesuai dengan penelitian yang dipublikasikan pada Journal of American Mosquito Control Association yang menyatakan bahwa minyak bunga lavender sangat efektif untuk mengusir nyamuk.

Serai
Tanaman serai memiliki aroma yang sangat menyengat dan tidak disukai oleh berbagai jenis serangga, termausk nyamuk. Oleh karena itu, tanaman serai bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk yang ampuh dan alami. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Environmental Science Health, kandungan senyawa aktif pada serai mampu menghambat aktivitas perkembangbiakan inang pada nyamuk. Serai bisa ditanam menggunakan pot atau ditanam pada lahan yang luas.

Kemangi
Seperti yang kita tahu, kemangi merupakan tanaman yang memiliki aroma cukup menyengat. Ternyata, aroma menyengat yang dikeluarkan oleh kemangi ini sangat tidak disukai oleh nyamuk. Untuk itu, tidak ada salahnya jika ingin mencoba mengusir nyamuk menggunakan tanaman ini.

Untuk hasil yang efektif, kemangi bisa ditanam di dekat genangan air karena biasanya menjadi sarang nyamuk dan jentik-jentiknya. Dengan adanya tanaman kemangi di sekitar rumah, maka nyamuk tidak akan berani mendekat.

Minyak Kayu Manis
Bahan yang sering dijadikan sebagai topping kue atau campuran makanan lainnya ini ternyata juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Sebuah penelitian yang dilakukan di Taiwan dan dipublikasikan dalam Journal of American Chemical Society menyatakan bahwa minyak kayu manis mampu membunuh telur nyamuk.

Bahan alami ini juga berperan untuk mengusir nyamuk dewasa. Selain itu, minyak kayu manis juga bisa langsung diaplikasikan pada kulit maupun pakaian agar terhindung dari gigitan nyamuk.

Minyak Atsiri
Banyak sekali produk pengharum ruangan yang menggunakan minyak atsiri sebagai bahan utamanya. Selain dapat mengharumkan ruangan, minyak atsiri ternyata juga bisa menjadi bahan pengusir nyamuk yang cukup efektif.

Hal ini terbukti melalui sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Soonchunhyang University,
Korea Selatan.

Hasil studi yang dimuat dalam Journal of The American Mosquito Control Association tersebut mengungkapkan bahwa minyak atsiri mampu memberikan perlindungan optimal pada tikus dari gigitan nyamuk hingga 91%. Daun atsiri yang dibakar juga terbukti mampu memberikan perlindungan dari gigitan nyamuk sampai 80% selama 60 – 90 menit.

Selain lima jenis wewangian tersebut, beberapa tanaman lain juga menghasilkan aroma yang tidak disukai nyamuk. Mulai dari marigold, rosemary, catnip, geranium, bunga balsam, daun mint, ageratum, sage, pennyroyal, dan allium. Tanaman tersebut bisa ditanam di halaman rumah untuk membantu mengusir nyamuk agar tidak bersarang di sekitar rumah.( kc/itp.04)