Beri Dukungan Penuh, Puteri Indonesia Optimis Sektor Pariwisata dan Kerajinan UMKM Mampu Manfaatkan Momentum KTT ASEAN 2023

77

Manggarai Barat-Intipnews.com: Jelang Pelaksanaan KTT ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo, Puteri Indonesia dan perwakilan Tokoh Pemuda Optimis Indonesia sukses menyelenggarakan acara tersebut. Selain itu penyelenggaraan acara internasional tersebut dapat mengekspos lokasi wisata dan kerajinan UMKM masyarakat Labuan Bajo.

Dukungan tersebut salah satunya disampaikan oleh Giok Kinski (Foto-Ist) yang saat ini berstatus sebagai Putri Indonesia DKI 1,Senin (8/5).

“Saya selaku Putri Indonesia DKI 1 tahun 2023 mendukung penuh Penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo,” katanya

Giok Kinski juga yakin bahwa masyarakat Labuan Bajo mampu memanfaatkan acara tersebut sebagai momentum untuk mempromosikan spot wisata baru dan kerajinan lokasi yang penuh dengan nilai budaya kepada dunia internasional.

Hal tersebut menjadi penting karena Labuan Bajo merupakan salah satu lokasi yang ditetapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai destinasi wisata unggulan pada tahun 2023.

Giok Kinski sebagai perwakilan dari Puteri Indonesia optimis bahwa penyelenggaraan KTT ASEAN mampu menyamai kesuksesan KTT G20 yang berhasil diselenggarakan di Nusa Dua Bali tahun 2022 lalu.

“Saya yakin kesuksesan KTT G20 di Bali tahun lalu akan terulang kembali pada penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo.”katanya.

Senada dengan hal tersebut, salah satu Tokoh Muda Indonesia, Tsamar Amani juga memberikan dukungan penuh terhadap KTT ASEAN 2023 sebagai sebuah event internasional yang mampu memberikan multiplier effect bagi masyarakat sekitar maupun perekonomian nasional.

“Kita sama-sama telah melihat persiapan maksimal yang terus dilakukan Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan seluruh instansi terkait,” katanya.

Pada tempat berbeda, Vice Regional Director ID Next Leader Sumatera Barat, Arfinaldi juga memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan KTT ASEAN 2023.

“Para pemuda ASEAN mendukung upaya-upaya memperkaya budaya melalui kepemimpinan dan kewiraswastaan. Upaya-upaya tersebut, antara lain, mendukung industri kreatif dalam memperkaya budaya-budaya tradisional; menerapkan prinsip kewiraswastaan dalam usaha pembangunan sosial; menampung keinginan positif para pemuda ASEAN yang dapat memberikan dampak konstruktif pada masyarakat,” ujarnya.

Selain dalam bidang kemimpinan dan kewiraswastaan, para pemuda ASEAN juga sepakat untuk memperkaya budaya melalui pendidikan dengan upaya-upaya antara lain mendukung program studi seni dan budaya ASEAN;

Selain itu apresiasi budaya, adat, keyakinan yang berbeda di kawasan ASEAN melalui pendidikan, pelatihan, program magang maupun pertukaran mampu mendorong pertukaran pelaku budaya dan pelajar di antara negara-negara ASEAN; serta mendukung beasiswa dan program magang di bidang budaya.

Berkaitan dengan itu, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Manggarai Barat berkomitmen memberikan pelayanan prima kepada para kepala negara dan delegasi KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Untuk itu, Ketua BPC PHRI Manggarai Barat Silvester Wanggel memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo.

“Saya mendukung penuh pelaksaan ASEAN Summit yang ke-42 tahun 2023 di Labuan Bajo. Semoga penyelenggaraan ASEAN Summit ini dapat berjalan lancar, aman, dan sukses,” ucapnya.Itp.r