Beri Penghargaan Adiwiyata kepada 48 Sekolah, Bobby Nasution: Pelestarian Lingkungan Dimulai dari Sekolah

8
Beri Penghargaan Adiwiyata kepada 48 Sekolah, Bobby Nasution Pelestarian Lingkungan Dimulai dari Sekolah

MedanIntipnews: Walikota Medan Bobby Nasution memberikan penghargaan Adiwiyata Kota Medan Tahun 2021 kepada 48 sekolah yang terdiri dari tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), sebagai bentuk apresiasi atas kepedulian sekolah terhadap lingkungan.

Penghargaan ini diberikan secara simbolis kepada 3 sekolah yakni SD Negeri 060925, SD Negeri 064020 dan MIS Insan Ikhlas Islamic School di halaman SD Negeri 060925 Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Harjosari I, Kecamatan Medan Amplas, Kamis (28/10).

Melalui penghargaan Adiwiyata Kota Medan Tahun 2021 ini, diharapkan dapat menghasilkan anak-anak didik berkarakter, peduli dan berbudaya lingkungan.

Bobby Nasution mengucapkan selamat kepada sekolah yang menerima penghargaan tersebut. Diingatkannya, penghargaan ini harus dapat dimaknai dengan lebih baik lagi, salah satunya  dengan memahami bahwa zaman kian berkembang dan teknologi yang semakin maju serta mengarah untuk menyelamatkan sebuah wilayah, daerah dan negeri dalam hal kelestarian dan penghijauan.

“Ke depannya teknologi akan semakin berkembang, ada 2 potensi yang dapat dilakukan terkait perkembangan teknologi yang menyangkut dengan lingkungan yakni potensi untuk mempertahankan lingkungan dan potensi untuk merusak lingkungan.

Banyak masyarakat di luar Kota Medan yang belum mengerti makna dari sebuah arti green seperti school green building, green energy. Untuk di Kota Medan sendiri belum ada standar terkait green building,” kata Bobby Nasution.

Selanjutnya, Bobby Nasution minta agar pelestarian lingkungan dimulai dari lingkungan sekolah. Hal itu dilakukan agar generasi ke depan yang sudah paham dan saat akan menggantikan generasi sebelumnya, mereka bisa lebih dapat menggelorakan untuk menjaga lingkungan.

Untuk itu, Bobby Nasution minta kepada Kepala Sekolah, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pendidikan untuk benar-benar mengemukakan pelestarian lingkungan.

“Kalau bisa tahun depan lebih banyak lagi sekolah yang menerima Penghargaan Adiwiyata ini. Dengan demikian sekolah yang ada di Kota Medan dapat memberikan pembelajaran terhadap lingkungan,” harapnya.

Sementara itu, Kadis Lingkungan Hidup Zulfansyah Ali Saputra dalam laporannya menjelaskan, maksud diselenggarakan kegiatan ini untuk memberikan motivasi kepada sekolah agar dapat melaksanakan gerakan peduli dengan mewujudkan perilaku peduli dan berbudaya lingkungan hidup oleh sekolah. Di samping itu juga guna meningkatkan kualitas lingkungan hidup di sekolah dan masyarakat daerah sekitar.

Dijelaskan Zulfansyah, 48 sekolah yang menerima Penghargaan Adiwiyata Kota Medan ini merupakan hasil penjaringan yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan.

Bahkan, beberapa sekolah menjadi sekolah binaan dari calon Sekolah Adiwiyata Mandiri yang diusulkan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumut Tahun 2021,” jelas Zulfansyah. * Ril/Itp04