Berlangsung Penuh Khidmat, Edy Rahmayadi dan Abdillah Hadiri Peringatan Haul ke-V Juan Tarigan

575

Medan-Intipnews.com: Peringatan Haul ke-V Juan Tarigan yang digelar   di Ponpes Al Fitrah Namorambe Deli Serdang  berlangsung penuh khidmat, Minggu 24 September 2023. Selain Gubsu ke-18 Letjen (Purn) Edy Rahmayadi, peringatan haul juga dihadiri Wali Kota Medan ke-14 Drs H Abdillah AK MBA, ustad Prof Dr Akmal Azhari Tarigan MAg, Ustad  Dr Yazid, Ustad Abdul Azis Tarigan LC MA , para santri, guru, majelis  taklim Muslim Karo dan keluarga besar Bani Juan Tarigan.

Edy Rahmayadi dalam sambutannya, sangat mengapresiasi atas  digelarnya Haul Tuan Guru Juan Tarigan. Apalagi, imbuhnya, kegiatan dilaksanakan  di ponpes tahfiz Quran yang dipenuhi tanaman buah buahan tersebut.

Tidak hanya mengapresiasi, Edy juga  memberi hadiah kepada beberapa santri yang hapal 15 juz Al Quran. Selanjutnya, memberikab sumbangan kepada panitia acara. Dalam sambutannya, Edy selanjutnya menjelaskan tentang pentingnya Sholawat Nabi. “Saya berjanji  akan hadir  kembali ke Ponpes Al Fitrah jika diundang,” kata Edy.

Sementara itu, Ustad Prof Dr Azhari Akmal Tarigan mengatakan, Juan Tarigan adalah orang pertama yg memeluk agama Islam di Tanah Karo. Kemudian,   mengajak keluarga besarnya jadi Muslim dan hijrah dari Desa Juhar ke Desa Tiga Beringin yang dibangunnya untuk semua keturunannya. 

Salah satu putra Juan Tarigan, ungkap Akmal Tarigan, menjadi ulama besar yakni H Sulaiman Tarigan serta beberapa keturunan Juan Tarigan yang berprofesi di bidang agama. Dalam tausiahnya, Akmal juga mengupas akan pentingnya bersholawat untuk menghubungkan diri dengan Rasulullah SAW.

Sedangkan Pimpinan Ponpes Al Fitrah Syaifuddin Tarigan SH MH menguraikan,  tentang latar belakang pelaksanaan Haul Juan Tarigan yang sebelumnya diselenggarakan secara akbar di Desa Tiga Beringin dan di Istana Maimun Medan dihadiri Syekh KH Asrori dari Surabaya  beserta  murid-muridnya dari Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Ponpes Al Fitrah, jelas Syaifuddin, berdiri di atas lahan 5, 7 hektar  milik Letjen (Purn) Arifin Tarigan dan sudah diwakafkan untuk masyarakat Muslim Deli Serdang.

Sebelumnya, Drs Rusdi Sinuraya selaku Ketua Panitia Haul ke-V Juan Tarigan didampingi unsur panitia lainnya seperti Syaifudin Tarigan, Umur Ginting,  Rosdah Liana Tarigan, Rosnita Sebayang Nurdin Bangun, Mahda Nia Sebayang dalam laporannya menjelaskan secara singkat tentang pelaksanaan haul yang rutin digelar setiap tahun tersebut. 

Setelah itu panitia  menyerahkan bingkisan kepada  para santri, Pengajian Wanita Muslim Karo serta memberikan sarung  bagi  para santriwati.  ltp05