Bius Penonton,Tim Paduan Suara Pakpak Bharat Choir di Konser Toba Harmoni

244
foto :istimewa
Foto: Tim Paduan Suara Pakpak Bharat Choir .Itp/Ist

Pakpak Bharat-Intipnews.com: Tim Paduan Suara Pakpak Bharat Choir kembali menggetarkan panggung hiburan music Tanah Air. Choir tampil satu panggung bersama sejumlah musisi lokal maupun nasional di konser Toba Harmoni.

Di acara konser tersebut agu daerah Pakpak Bharat “Meraleng Tendi”  yang dibawakan oleh paduan suara kebanggan Pakpak Bharat tersebut mampu membius para penonton  yang memadati Santika Dyandra Convention Centre, Medan waktu itu (15/10/2022).

Konser yang mengusung tema musik etnis dengan sajian internasional itu turut dimeriahkan oleh DJ Clifrs, Lyodra Ginting, Vicky Sianipar, Alsant Nababan, Ogar Nababan, Indra Jegel, dan Maria Calista Pasaribu dan sejumlah artis dan musisi ternama lainnya.

“Tampil Bersama musisi-musisi hebat ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami, Lewat konser Toba Harmoni kita ingin membuktikan kalau Pakpak Bharat adalah sarangnya musisi berbakat, terlebih dengan berkolaborasi, kita hadirkan sesuatu yang berbeda, yaitu karya yang luar biasa,” kata Macistina Irene Lumban Raja, Arranger Paduan Suara Pakpak Bharat Choir.

Selain itu penampilan Tim Paduan Suara Pakpak Bharat Choir ini kian lengkap dengan hadirnya seorang Mardi boangmanalu, musisi asli Pakpak Bharat yang mengiringi penampilan Paduan  Pakpak Bharat Choir dengan alunan music Lobatnya. Alat Musik tiup khas tanah Pakpak ini mengalun merdu, mendayu-dayu sepanjang penampilan Pakpak Bharat Choir dalam gelaran ini.

Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor  mengungkapkan rasa bangganya atas penampilan tim paduan suara ini. Diketahui paduan suara Pakpak Bharat Choir ini merupakan paduan suara binaan Bupati Pakpak Bharat Bersama sang istri yang juga merupakan Ketua TP PKK Pakpak Bharat.

“Kita patut berbangga atas penampilan mereka ini, para musisi-musisi terbaik Pakpak Bharat yang bergabung  hari ini, teruslah berkarya, bahwa Pakpak Bharat harus senantiata mengisi berbagai bidang dikancah tanah air, baik dalam bidang Tarik suara, olah raga dan prestasi lainnya,”ucap Bupati, Selasa (18/10/2022).

Bupati juga menjelaskan sekilas tentang lau meraleng tendi, lagu yang dibawakan paduan suara Pakpak Bharat Choir dalam acara ini. Lagu meraleng tendi adalah lagu pakpak yang sakral untuk acara ritual mengembalikan tendi (jiwa) seorang anak yang hilang diyakini karena terkejut dan sebab lainnya.

Sementara itu Gandua Peppada Rm,pu Manik, SAP, Ketua Pakpak Bharat Choir sendiri mengakui bahwa prestasi besar yang merke gapai tidak lepas dari peran besar Bupati bersama Ketua TP PKK Pakpak Bharat yang banyak memberikan motivasi bagi timnya.

“Tentunya ini merupakan kesempatan yang sangat besar untuk menunjukkan tentang musik Pakpak dan warna lain tentang lagu “mraleng tendi” yang dikemas dalam bentuk paduan suara, kami dari Pakpak bharat choir mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati dan pembina kami ibu Junatry Franc Tumanggor yang selalu memberikan dorongan dan kesempatan kepada kami untuk terus berkembang,”sebutnya di Medan.

Tim Paduan Suara Pakpak Bharat Choir sendiri bukanlah nama baru didunia musicTanah Air. Dalam ajang “The 11 Bali International Choir Festival” beberapa waktu lalu, tim paduan suara ini mampu meraih dua medali emas dengan mengalahkan banyak pesaing dari puluhan Negara-Negara dunia.Itp.SP