Bobby Nasution Boyong Bayi Penderita Astresia Bilier ke RS Adam Malik

12
Bobby Nasution Boyong Bayi Penderita Astresia Bilier ke RS Adam Malik
Foto: Istimewa

MedanIntipnews: Walikota Medan Bobby Nasution memboyong bayi penderita Astresia Bilier ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan. Hal ini karena sebelumnya walikota mendapat kabar, adanya warga yang menderita sakit dan butuh bantuan sesegera mungkin.

Mendapat kabar tersebut, Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution langsung bergerak cepat memerintahkan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Camat Medan Area untuk membawa pasien ke rumah sakit. 

Sebelumnya, sesuai laporan warga di Kecamatan Medan Area, Kamis (7/10/2021) ada bayi perempuan berusia tujuh bulan bernama Aiyla Adisty Hidayah menderita penyakit Astresia Bilier (kelainan bawaan lahir atau kongenital yang ditandai dengan gangguan saluran empedu pada bayi baru lahir).

Kondisi anak bungsu dari pasangan Rahmat Hidayat (31) dan Olivia Saridah (27), warga Jalan Medan Area Selatan, Gang Mulia Medan, Sumatera Utara, terlihat memprihatinkan.

Bagian perut bayi penderita Astresia Bilier tersebut terus membesar, dan perlu segera mendapatkan penanganan medis. Pihak keluarga lalu membawa Aiyla ke dokter spesialis anak di Jalan Amaliun Medan.

Mengetahui anaknya menderita sakit, kata Olivia, pihak keluarga lalu mengurus BPJS dengan harapan bayinya mendapatkan perawatan medis di rumah sakit. Sayangnya BPJS tak bisa siap dengan cepat. Namun karena ada bantuan dari Dinas Sosial, Aiyla bisa dibawa ke RS Pirngadi Medan.

Sayangnya Rumah Sakit Umum Pirngadi Medan (RSUPM) tak mampu menangani kondisi pasien karena keterbatasan alat. Sehingga pihak RSUPM menyarankan agar dirawat di RSUP Adam Malik. Sementara BPJS belum siap. Dana yang dibutuhkan untuk tindakan medis lanjutan kabarnya mencapai Rp1 Miliar. 

Setelah mendapatkan laporan itulah akhirnya Bobby Nasution langsung bereaksi cepat. Dia langsung memerintahkan Dinas Kesehatan dan Camat Medan Area untuk membawa pasien kembali ke rumah sakit. 

Dan malam ini juga sekitar pukul 20.00 WIB tadi, pasien dan keluarganya telah diboyong menggunakan ambulans menuju RSUP Adam Malik Medan. 

“Saya dapat laporan ada bayi sakit gangguan hati. Masalahnya BPJS-nya belum siap jadi terkendala administrasi. Saya sudah minta Dinkes membantu. Alhamdulillah sudah dibawa ke Adam Malik tadi. Mudah-mudahan bisa segera dirawat dan adik bayi Aiyla bisa sembuh,” kata Bobby Nasution. 

Hal itu dibenarkan Camat Medan Area Hendra Asmilan. Sekitar pukul 20.39 WIB bayi Aiyla dan keluarga telah tiba di RSUP Adam Malik Medan. 

“Iya atas perintah Pak Wali kami langsung bawa pasien ke Adam Malik. Ini kami baru sampai,” kata Hendra yang ikut menemani keluarga ke RSUP Adam Malik Medan. * Ril/Itp04