BPJS Kesehatan Medan Launching Loket Pelayanan Informasi Di RSU Silvani Binjai

92

Binjai- Intipnews.Com : Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan resmi memperkenalkan inovasi terbaru melalui launching Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS), Jumat( 29/9/2023) di RSU Silvani,Jalan perintis Kemerdekaan Binjai.

Menurut Perwakilan BPJS Medan Faisal Bukit, kedua inovasi tersebut dirancang untuk memaksimalkan pemberian informasi dan menangani pengaduan peserta di rumah sakit.

Launching juga dilakukan serentak se-Indonesia, Jumat 29 September 2023  

Launcing dihadiri Wali Kota Binjai diwakili staf ahli dr. Heri Hendri, Kadis Kesehatan dr. Sugianto, Kadiscapil Binjai Wahyudi Hasibuan. Loket pelayanan informasi oleh  BPJS Kesehatan bertujuan memberikan perlindungan jaminan kesehatan bagi seluruh penduduk. Seiring dengan bertambahnya jumlah peserta JKN, BPJS Kesehatan memandang perlu dilakukan transformasi terhadap mutu layanan.

Launching Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS)  sebagai wujud nyata dari upaya transformasi mutu layanan adalah dengan penyediaan Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan di seluruh rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. 

Petugas rumah sakit yang ditunjuk akan bertugas memberikan informasi dan menangani pengaduan peserta JKN terkait pelayanan. Selanjutnya, petugas akan mencatat pada aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP )

Keberadaan loket pelayanan informasi ini ditandai dengan  dibukanya  tirai penutup  signage (papan petunjuk).dan meninjau ruang pengaduan . Lokasi loket pelayanan informasi ini diprioritaskan berada pada area di rumah sakit yang mudah terlihat dan diakses peserta, seperti di area pintu masuk atau area administrasi pelayanan JKN.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga memperkenalkan Portal Quick Response (POROS) yang ditempatkan di fasilitas kesehatan. Inovasi ini membawa kemudahan digital bagi peserta JKN dalam mengakses aplikasi pendukung yang disediakan BPJS Kesehatan untuk memperlancar proses pelayanan di fasilitas kesehatan.

Menurut Faisal Bukit dipilihnya RSU Silvani untuk launcing dinilai RSU cukup baik dan sudah mempersiapkan fasilitas digital. “ Di Binjai baru dua,selain RSU Silvani juga RSUD dr.Djoelham Binjai,” ujarnya. 

Dirut RSU Silvani dr.Davi Camila Sitepu, pihaknya sudah siap mengaktifkan loket pelayana  informasi.” Kita sudah siapkan tenaga kerjanya serta fasilitas sarana yang diperlukan, sehingga pasien yang berobat ke RSU Silvani sudah bisa memanfaatkan sistim digital.” Jelasnya.

Kadis kesehatan Binjai dr. Sugianto mengakui dengan adanya lokel informasi, masyarakat bisa mengetahui kapan waktu berobat dan pelayanan dokter spesialis,sehingga tidak menunggu lama. Termasuk juga pelayanan obat dan sistim lainnya.

Wali Kota Binjai diwakili dr. Heri merespon positip  adanya loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS) ini, dr. Heri  berharap bisa berdampak terhadap peningkatan yang signifikan terhadap mutu layanan dan kepuasan peserta. Untuk itu, dirinya meminta kepada seluruh pihak dapat bersinergi demi menciptakan pelayanan kesehatan yang berdampak positif terhadap perlindungan kesehatan seluruh masyarakat Indonesia.

“ Bagi Pemko Binjai yang penting urusan kesehatan merupakan hal utama dan harus cepat, tepat dan murah, apalagi Binjai  daerahnya bisa terjangkau dengan mudah, sehingga bisa memilih RS mana yang dituju untuk berobat.” Tegasnya.( itp.04)