Buka Orientasi Anggota Muda se Sumut, Farianda : Anggota PWI Harus Punya Sense Of Belonging

47

Berastagi-Intipnews.com: Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara  H. Farianda Putra Sinik, SE, (foto) membuka kegiatan Pelatihan Jurnalistik dan Orientasi Organisasi Anggota Muda PWI se Sumatera Utara, di Hotel Rudang, Berastagi, Kabupaten Tanah Karo, Eabu (15/11/2023) siang. 

Kegiatan dengan tema“Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Semangat  Berorganisasi Anggota PWI Sumut” itu, diikuti sebanyak 120 anggota muda PWI dari Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara.

Dalam pidatonya, Farianda yang juga Ketua Serikat Perusahaan Pers itu mengatakan, selama menjadi Ketua PWI Sumut dia terjun ke beberapa Kabupaten/Kota.  Salah satunya ke Kabupaten Labuhanbatu saat Konferensi PWI tahun lalu.

Ketika itu, sambung Farianda, dia disindir oleh Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM, karena jumlah anggota PWI Labuhanbatu hanya 15 orang. 

” Saya disindir oleh Bupati Labuhanbatu. Katanya lebih banyak jumlah OPD Pemkab Labuhanbatu daripada anggota PWI nya” kata Farianda. 

Karena itu, dia pun membuka penerimaan anggota muda PWI se Sumatera Utara dalam dua gelombang belum lama ini. Awalnya dia berharap paling tidak ada penambahan 60 anggota muda se Sumut. Namun antusias masuk PWI begitu besar, sehingga tercatat ada 125 anggota muda PWI se Sumatera Utara yang baru diterima. 

“Perkiraan saya paling tidak hanya 60 orang anggota muda. Ternyata ratusan yang masuk. Tapi itulah,  kalau hati dan niat bersih, Allah akan membantu” ucapnya. 

Menurut Farianda, anggota muda harus bangga menjadi anggota PWI, karena PWI tidak hanya dikenal secara nasional. Namun PWI sudah mendunia. 

” Pada tahun 1996 saya diundang Presiden Amerika Bill Clinton. Ketika masuk gedung putih, kartu PWI saya harus dilampirkan di paspor. Jadi, PWI itu sudah mendunia” jelasnya. 

Lebih lanjut Farianda menjelaskan, kegiatan pelatihan dan orientasi dilaksanakan untuk menanamkan rasa cinta dan rasa memiliki kepada anggota PWI. 

” Kegiatan ini dilaksanakan salah satunya yaitu bagaimana supaya anggota muda memiliki sense of belongging (rasa memiliki,red) organisasi PWI ini. Kemudian juga untuk silaturahmi agar kita sesama anggota PWI saling kenal”  ujarnya. 

Kegiatan itu juga dihadiri Asisten III Pemkab Tanah Karo dan Kabag Ren Polres Tanah Karo serta Sekretaris PWI Sumut SR Sahat Rahmat Hamonangan Panggabean, Wakil Ketua Bidang Organisasi Drs. Rifki Warisan, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Sugiatmo S. Ag, MA, Ketua PWI Labuhanbatu Rony Afrizal, SE dan Ketua PWI Kabupaten/Kota se Sumut. (Itp AAT)