Bupati Labuhanbatu : Pemuda Harus Serius Kuasai Teknologi Informasi dan Literasi Digital

37

Labuhanbatu-Intipnews.com: Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM, (foto) menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 95, di Lapangan Ika Bina Rantauprapat, Kecamatan Rantau Utara, Sabtu (28/10/2023). Bupati yang membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Ario Bimo Nandito Ariotedjo diantaranya meminta pemuda untuk menguasai teknologi informasi dan literasi digital untuk mengimbangi perubahan yang begitu cepat terjadi.

Menurutnya, momentum peringatan sumpah pemuda mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928, yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Pemerintahan Republik Indonesia, sambungnya, telah membuka luas partisipasi generasi muda Indonesia hari ini, seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama.

“Posisi Indonesia memang sedang berproses menyelesaikan persoalan korupsi,kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoax, ujaran kebencian serta sejumlah problem bangsa lainnya. Tetapi semua itu bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti melaju menuju Indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil dan makmur,” ujarnya.

Di sisi lain, katanya melanjutkan , perkembangan teknologi terkini dan arus informasi yang semakin cepat membuat kesenjangan penguasaan terhadap teknologi dan informasi antar generasi. Demikian halnya dengan tatanan sosio-kultural, politik, dan bahkan bisnis yang dikontestasi.

“Kita perlu bertanya apakah artificial intelligence telah digunakan optimal secara masif. Mengimbangi percepatan dan perubahan ini saja sudah cukup membuat kewalahan. Pada intinya, penguasaan oleh pemuda terhadap Teknologi dan Informasi serta Literasi Digital menjadi sesuatu yang harus diseriusi” katanya.

“Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri. Semoga Tuhan yang Maha Esa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita,” tukasnya.

Bertindak sebagai komandan upacara Pasilog Kodim 0209/LB, Kapten Arm Dosran Manuju Siregar . Tampak hadir diantaranya Wakil Bupati Labuhanbatu Hj.Ellya Rosa Siregar,S.Pd, M.M, Ketua TP PKK Labuhanbatu dr. Hj. Maya Hasmita Erik Adtrada , SP.OG, Kapolres Labuhanbatu AKBP James H Hutajulu, SIK, SH,MH, MIK beserta jajaran, perwakilan Kodim 0209/Lb beserta jajaran, perwakilan Kejari Labuhanbatu, para Asisten Setdakab, Kepala OPD, Kabag, Kaban, OKP, Ormas dan pelajar serta elemen lainnya. (Itp AAT)