Bupati Pakpak Bharat Teken MoU Dengan BBPVP Medan

137
foto :istimewa
Foto; Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Dirjen Binalavotas Kemnaker RI dengan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat, di Gedung Serbaguna Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Medan (18/10/2022).Itp/Ist

Pakpak Bharat-Intipnews.com: Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor menghadiri Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi sekaligus Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Dirjen Binalavotas Kemnaker RI dengan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat, di Gedung Serbaguna Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Medan,Selasa (18/10/2022)

Beberapa Program Pelatihan yang dilaksanakan diantaranya Boarding Operator Forklift (2 Paket), Program Pelatihan Boarding Barista (1 Paket), Program Pelatihan Non-Boarding Barista (1 Paket), dan Program Pelatihan Non-Boarding Pengoperasian Listrik Kontrol Industri Berbasis PLC (1 Paket).

Pada paket pelatihan Boarding, para peserta difasilitasi akomodasi, konsumsi, dan transportasi selama mengikuti pelatihan di BBPVP Medan, tentunya dengan skema cost sharing yang dibiaya oleh masing-masing daerah pengirim peserta.

Direktur Jenderal Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas, Budi Hartawan dalam sambutannya saat membuka pelatihan ini menyampaikan bahwa Pembangunan ketenagakerjaan sebagai bagian dari pembangunan nasional memiliki peranan yang sangat penting dalam rangka menciptakan SDM yang berkualitas, khususnya pada aspek human capital dalam bidang ketenagakerjaan.

“Pelatihan ini nantinya bisa memberikan pelatihan para pencari kerja dan pekerja agar mereka bisa bekerja didunia usaha dan didunia industri sesuai dengan kompetensi yang mereka pelajari dibalai pelatihan vokasi dan produktivitas serta dapat menjadi wirausahawan bila mana mereka bisa berusaha nantinya, “terang Budi Hartawan.

Sementara itu Bupati Pakpak Bharat, Franc bernhard Tumanggor hadir dalam acara ini sekaligus melakukan Penandatangan Kerja Sama antara Ditjen Binalavotas dengan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat dalam hal peningkatan sumber daya manusia melalui pelatihan vokasi, yang akan menyesuaikan dengan potensi wilayah setempat sehingga dapat segera diserap di pasar kerja.

Kementerian Ketenagakerjaan melalui Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Medan hadir untuk memberikan peningkatan kualitas SDM melalui pelatihan vokasi atau keterampilan kerja, salah satunya Program Pelatihan Operator Forklift dengan peserta pelatihan mayoritas berasal dari Kecamatan Medan Belawan.

Peningkatan kompetensi para anggota TKBM (Tenaga Kerja Bongkar Muat) adalah salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan sosial sebagai dampak pengangguran dan rendahnya taraf hidup masyarakat di Kota Medan, khususnya di sekitar Kecamatan Medan Belawan. Diharapkan dengan diberikannya tambahan skil dan kompetensi kerja kepada para peserta, akan dapat memperbesar peluang-peluang mereka dalam memasuki dunia kerja dan pada akhirnya akan meningkatkan taraf hidup masing-masing. 

Bupati berharap dengan adanya kerja sama dan pelatihan ini dapat membantu Pemerintah Pakpak Bharat dalam upaya meningkatkan kualitas dan mutu Sumber Daya Manusia di Kabupaten Pakpak Bharat. Bupati juga menyampaikan bahwa pihaknya akan terus menyesuaikan penggunaan Anggaran Daerah untuk sektor ini.

Kita juga akan terus mendorong penggunaan APBDesa untuk ikut serta mengoptimalkan peningkatan SDM malalui pengiriman peserta dengan pembiayaan APBDesa, ungkap Bupati.Itp.SP