Bupati Pakpak Bharat Tinjau Jalan Penghubung Lagan-Pagindar

151
Bupati Pakpak Bharat Tinjau Jalan Penghubung Lagan-Pagindar

Jadi Perhatian Serius

Pakpak Bharat-Intipnews.com: Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor meninjau jalan penghubung Lagan-Pagindar Pakpak Bharat Sumatera Utara ke jalan Pusat Kota Salak saat perjalanan kunjungan kerja ke wilayah Kecamatan Pigindar, Jumat 4 Maret 2022.

Hal itu  sangat menjadi perhatian serius  Bupati Franc Bernhard Tumanggor (foto), karena  jalan tersebut  mampu memotong jarak dan waktu tempuh yang tidak begitu jauh dari Pusat Kota Salak menuju Kecamatan Pagindar.

Ia menyempatkan untuk melihat langsung kondisi jalan penghubung Salak menuju Kecamatan Pagindar Kabupaten Pakpak Bharat, sangat perlu adanya pembangunan, soalnya Jalur Lagan-Pagindar sudah  sejak lama digadang-gadang sebagai jalan penghubung menuju  keterisolasian wilayah Pagindar.

Sementara itu sebut B.Manik, warga Pagindar yang ditemui dalam perjalannya menuju Salak  jalan tersebut  menembus hutan dan gugus pegunungan bukit barisan kini memang telah terbuka dan telah pula bisa dipergunakan selama beberapa tahun belakangan.

Walaupun begitu katanya, kita dapat syukur  dengan adanya jalan penghubung ini, warga Pagindar bisa langsung tembus ke Salak yang sebelumnya jalan  ke Salak  harus melalui jalan Aceh, ke Kabupaten Aceh Singkil dulu, baru ke Subulussalam, barulah masuk wilayah Pakpak Bharat di Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe.

 “Bisa menghabiskan waktu lima sampai enam jam sekali perjalanan dari Pagindar ke Salak, belum lagi kalau ada kendala dijalan dan juga kondisi jalan yang sangat buruk dan berbahaya, tapi dengan adanya jalan Lagan-Pagindar ini sudah cukup lumayanlah bagi kami,”ucapnya.

Selain itu Jelas B Manik kondisinya masih seadanya begini, terimakasihlah buat Pemerintah yang selalu mengingat kami, mengupayakan yang terbaik bagi kami di Pagindar.

Selanjunta Franc Bernhard Tumanggor sendiri berpendapat  majunya suatu Daerah harus ditopang dengan kondisi infrastruktur yang memadai, akses terbuka serta fasilitasi Pemerintah yang cukup. Hal ini dia sampaikan saat berhenti di Bantun Kiung, titik puncak tertinggi dan terekstrim di jalur Lagan-Pagindar.

“Membangun infrastruktur yang merata dan memadai menjadi salah satu bagian dari visi dan misi kami sebagai Bupati, khususnya Kecamatan Pagindar harus segera kita upayakan untuk terbebas dari keterisolasian, ini harus, karena kemajuan suatu Daerah tidak boleh terpisahkan dari kondisi infrastrukturnya yang memadai dan layak, urai Bupati di Bantun Kiung.

Ia menjelaskan, pembenahan jalur Lagan-Pagindar ini selain untuk membuka keterisolasian Kecamatan Pagindar, juga untuk mendukung rencana Pemerintah Pusat yang ingin mengembangkan kawasan pariwisata Pulau Banyak di Kabupaten Aceh Singkil untuk bisa terhubung langsung dengan Kawasan Pariwisata Super Perioritas Nasional Danau Toba yang mana dengan terbukanya akses penghubung Aceh Singkil dengan Pakpak Bharat melalui Lagan-Pagindar ini nantinya akan mampu memotong jarak dan waktu tempuh hingga minimal empat jam.

“Beberapa waktu lalu kami sudah sampaikan hal ini kepada Bapak Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Bapak Luhut Binsar Panjaitan yang bahkan telah mengirimkan Tim khususnya untuk melihat dan membicarakan hal ini ke Pakpak Bharat beberapa waktu lalu, kita perlu bersabar sedikit lagi dan yakin akan ada perubahan baik dalam waktu dekat ini,” ungkap Bupati kemudian.

Lagan-Pagindar, jalan berkelok memotong pegunungan bukit barisan ini membentang jauh diantara gugusan pegunungan terjal dan rimbunnya hutan, puluhan sungai berair jernih dan indah banyak ditemui dikawasan ini. Jalan penghubung yang menjadi tumpuan harapan Pemerintah dan masyarakat Pakpak Bharat khususnya masyarakat Pagindar ini memang sudah bisa dilalui.

 Soalnya dengan berbagai keterbatasan, kondisi jalan berbatu tajam dan belum beraspal, di beberapa titik singai bahkan belum memiliki jembatan penyeberangan sama sekali, namun semua keterbatasan ini tidak menyurutkan niat Pemerintah Pakpak Bharat dibawah komando seorang Franc Bernhard Tumanggor untuk terus memberikan yang terbaik, membangun bumi Pakpak Bharat menuju kininduma. Itp.Sp