Bupati Sergai Ajak Pengusaha Bersinergi Tanggulangi Masalah Banjir

16
Bupati Sergai Ajak Pengusaha Bersinergi Tanggulangi Masalah Banjir
Foto: Istimewa

Sei RampahIntipnews: Bupati H Darma Wijaya mengajak para pengusaha di Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), untuk bersinergi dan berkolaborasi mencari solusi aktif, soal bencana banjir yang terjadi di Sergai.

Bencana banjir yang terjadi di Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) tentu mendapat perhatian yang sangat serius dari pemerintah khususnya di Sergai. 

Koordinasi untuk mencari solusi aktif digelar, salah satunya dalam rapat koordinasi (Rakor) antara Pemkab dengan para pengusaha di Sergai, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Sei Rampah, Rabu (10/11/2021).

“Sejak Kabupaten Sergai berdiri 17 tahun lalu, banjir adalah permasalahan tahunan yang saat ini masih terus berusaha dicarikan solusi terbaiknya. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami, terutama bagaimana menanggulanginya di area yang menjadi langganan banjir seperti Sei Rampah dan Tanjung Beringin,” ucap Bupati Sergai H Darma Wijaya.

Dirinya menerangkan, salah satu faktor utama yang menjadi penyebab bencana banjir adalah akibat sedimen sungai yang dangkal dan tidak pernah dikorek, serta tidak adanya tanggul sehingga mengakibatkan luapan air yang mengalir ke area rumah penduduk saat intensitas hujan tinggi.

Namun Bupati mengakui jika pemerintah tidak bisa bekerja sendirian untuk mengatasi permasalahan ini. Dibutuhkan sinergi dan kerjasama dari para stakeholder, terutama dari kalangan pengusaha yang menjalankan kegiatan ekonomi di bumi Sergai.

“Dampak banjir ini benar-benar dirasakan oleh masyarakat. Sebenarnya pemerintah pusat sudah berencana melakukan normalisasi sungai sebagai solusi banjir. Akan tetapi hal tersebut baru dilaksanakan tahun depan.

Dikarenakan saat ini kita menghadapi situasi kedaruratan, maka dari itu perlu dilakukan tindakan segera,” ucapnya lagi.