Bupati Toba Beri Beasiswa Kepada Siswa SD dan SMP Berprestasi di Toba

28
foto :istimewa

Toba-Intipnews.com : Bupati Toba Ir Poltak Sitorus Msc  bersama Pemimpin Cabang PT.Bank Sumut Balige Rudy Pardede (foto)  menyerahkan beasiswa kepada siswa berprestasi di Toba. 

Beasiswa yang bersumber dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Bank Sumut Tahun 2021 ini diserahkan secara simbolis di SMP N 1 Balige, Senin (7/3/2022). 

“Dana CSR ini kita salurkan utamanya untuk mendukung peningkatan SDM berupa beasiswa kepada siswa berprestasi. Semoga beasiswa ini menjadi penyemangat bagi anak- anak kita untuk lebih meningkatkan prestasinya,” sebut  Bupati Poltak Sitorus seraya mengucapkan terima kasihnya kepada Bank Sumut yang telah memberikan CSR-nya kepada Pemerintah Kabupaten Toba.

Kepada siswa penerima beasiswa, Bupati berpesan kiranya dana yang diterima menjadi penunjang siswa untuk lebih maju dan berprestasi lebih lagi. 

Di seluruh Kabupaten Toba, ada sebanyak sebanyak 675 siswa SD berprestasi penerima beasiswa CSR PT Bank Sumut, dengan besaran dana masing-masing Rp. 225.000 dan 100 siswa SMP dengan besaran dana Rp. 400.000. 

Para penerima adalah siswa berprestasi (juara umum) siswa kelas IV, V, dan VI SD dan kelas VIII dan IX SMP di Kabupaten Toba. 

Di lokasi yang sama, Bupati juga meninjau pemanfaatan Kios Pintar (KIPIN), suatu media pembelajaran berbasis digital. Dimana dalam aplikasi ini berisi lebih dari 200 ribu buku, video pembelajaran, dan soal-soal try out, format penilaian siswa, serta perangkat pembelajaran yang dibutuhkan guru. 

Alat ini merupakan satu dari 5 (lima) unit yang telah didistribusikan dan merupakan bantuan dari PT. Toba Pulp Lestari, Tbk. 

Pada kesempatan ini, Bupati juga melakukan dialog dengan siswa dan guru yang sedang memanfaatkan aplikasi KIPIN tersebut. 

“Pesan kami, kepada anak-anak kami, teruslah tekun menggali ilmu, ketika ada kesulitan jangan menyerah, ketika kita tidak menyerah, Tuhan akan berikan hikmah untuk penemuan dan inovasi. Tuhan memberikan penemuan bagi orang yang tekun,” ujar Bupati. 

Bupati yang didampingi Sekda Drs Augus Sitorus, juga berpesan agar guru dan siswa memanfaatkan secara maksimal aplikasi tersebut untuk menambah wawasan dan meningkatkan kecerdasan. 

“Keberadaan aplikasi KIPIN ini harusnya menambah minat baca siswa, guru, bahkan orangtua. Jadi belajar bisa kapan saja dan dimana saja,” ujarnya lagi. 

Sebelumnya, Bupati meninjau pelaksanaan pengobatan gratis kepada masyarakat dan pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil, vaksinasi, dan pelayanan KB di puskesmas Soposurung Balige. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara dalam rangka perayaan Hari Jadi ke-23 Kabupaten Toba Tahun 2022. Laporan : Manuala Tampubolon