Bupati Toba Ikut Panen Jagung di Desa Nauli Kecamatan Sigumpar

14
Bupati Toba Ikut Panen Jagung di Desa Nauli Kecamatan Sigumpar
Bupati Toba Poltak Sitorus di dampingi Sekda Audy Murphy Sitorus dan kepala dinas Pertanian Toba T H Sitorus memberikan keterangan persnya di desa Nauli Sigumpar. (Foto: Ist)

TobaIntipnews.com: Bupati Toba Ir Poltak Sitorus Msc, Senin (22/11) turut langsung dalam Panen Jagung bersama warga di Desa Nauli Kecamatan Sigumpar Kabupaten Toba.

Pemanenan jagung di programkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di masa pandemi Covid-19  Oleh Bupati Toba Poltak Sitorus pada pertengahan tahun ini untuk menanam jagung di lahan persawahan.

Poltak Sitorus dalam keterangan persnya saat panen di lahan warga,mengatakan,hasil yang diperoleh dari program tanam jagung untuk pemulihan ketahanan panganan dan perekonomian masyarakat ini, hasilnya cukup memuaskan.

Setelah dihitung berdasarkan statistik produktifitasnya capaian rata-rata hasil panennya per hektarnya sebesar 6,72 ton Dari hitungan hasil panen jagung di Desa Nauli dengan lahan persawahan seluas 60 Ha x 6,72 ton per hektar mencapai hasil 403 Ton.
Capaian uangnya terang Poltak Sitorus, 403 ton x Rp4.800 per kg nya (diharga jagung saat ini) hasilnya sebesar Rp 1,93 miliar dari Rp108.000.000 bibit jagung yang dibagikan Rp 1,93 miliar yang berhasil diperoleh warga Desa Nauli Kecamatan Sigumpar di Desember 2021 ini.

Berdasarkan Laporan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Sigumpar M. Sibarani,bahwa Luas Lahan Persawahan tanama Jagung  di desa Nauli seluas 60 Hektar, dibagi oleh 5 Kelompok Tani. 

Turut Hadir dalam panen Jagung tersebut, Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak SE, Sekda Toba Drs Audy Murphy Sitorus SH, Asisten II Sahat Manullang SP, Kadis Pertanian Ir TH Sitorus, Kadis Ketapang diwakili Ir Matilda Simanjuntak, Kabag Perekonomian Sesmon Butar Butar SPd, Camat Sigumpar Drs Jaga Situmorang, Kades Desa Nauli Parlaungan Siagian, dan jajaran pemkab lainnya dari berbagai Dinas serta PPL Kec Sigumpar.

Berdasarkan Laporan Yg langsung dilakukan kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Toba Wenlis bahwa panen jagung di desa Nauli kecamatan Sigumpar sangat sangat meningkat dari 5,5 Ton per hektar menjadi 6,72 ton.

“Hasil panen jagung dalam areal binaan pak Bupati di desa sangat memuaskan yang mencapai rata rata 6,72 ton per hektar dimana pada tahun sebelumnya hanya 5,5 ton Per hektar ” ucap Wenlis.

Berbeda dengan penjelasan Hoddi Sitorus pemilik lahan Jagung yang di panen Bupati Toba Poltak Sitorus di desa Nauli, bahwa hasil Panen jagung kali ini menurun dari tahun sebelumnya.

Walau hasilnya menurun Hoddi Sitorus tetap berterima kasih atas program tanam Jagung yang dilakukan pemkab Toba tersebut.

“Saya sangat berterima kasih atas program pemerintah yang menyediakan bibit jagung kepada masyarakat ” pungkas Hoddi.

Laporan: Manuala Tampubolon