Bupati Toba Minta Perhatian Pemprovsu soal Jalan Parsoburan-Labura

22
Bupati Toba Minta Perhatian Pemprovsu soal Jalan Parsoburan-Labura
Bupati Toba Minta Perhatian Pemprovsu soal Jalan Parsoburan-Labura. (Foto: Ist)

Toba-Intipnews.com : Bupati Toba Ir Poltak Sitorus Msc (Foto) menghadiri Rapat koordinasi Program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Aula Tengku Rizal Nurdin, Medan, Rabu (23/2/2022)

Dalam rapat, Bupati Poltak Toba memaparkan  dukungan perencanaan dan APBD Kabupaten Toba terkait pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toa.

Bupati menyampaikan beberapa kegiatan anggaran Pemerintah Kabupaten atau Pusat yang sudah dilakukan Pemkab Toba ataupun Pemerintah Pusat untuk mendukung KSPN Danau Toba, dan yang sudah di tampung di tahun 2022.

Semuanya  untuk mendukung Kawasan Destinasi Super Prioritas Danau Toba, diantaranya pengembangan Bandara Sibisa, pembangunan Balige By Pass, pengembangan pelabuhan Ajibata dan Balige.

“Kabupaten Toba merupakan daerah yang unik, karena diapit 2 bandara yang sedang gencarnya dikembangkan dan menjadi pintu masuk lewat udara menuju Danau Toba, harapan kami supaya kita berfokus pada infrastruktur penunjang menuju akses tempat wisata,Kabupaten Toba,” sebut Bupat Poltak Sitorus didampingi Plh.Sekdakab Toba Drs.Augus Sitorus dan Bappeda Toba.

“Kami berharap dukungan interkoneksi antar wilayah menuju Kabupaten Toba, seperti jalan dari Parsoburan-perbatasan Labura, yang  statusnya merupakan jalan Provinsi dan kondisinya rusak berat, dan 9 Km tidak bisa dilalui.Kami harap bisa menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Sumatera Utara,”sambungnya.

Lebih lanjut, untuk bidang kesehatan,Pemerintah Kabupaten Toba berfokus kepada pengembangan SDM.Pelatihan  kepariwisataan,dengan didirikannya SMK Pariwisata di Toba dan pemanfaatan teknologi penunjang pariwisata dengan bekerja sama dengan IT Del. 

Untuk bidang pertanian, pemerintah Kabupaten Toba berfokus pada peningkatan produktivitas petani jagung dan padi.

“Saya berharap kita dapat berkoordinasi untuk mensinkronkan apa saja yang menjadi kegiatan prioritas dan apa saja yang menjadi dukungan pemerintah provinsi dan pusat dalam mendukung pengembangan KSPN Danau Toba, khususnya di Kabupaten Toba, “sebut Bupati Poltak Sitorus mengakhiri pemaparannya.

Turut hadir dalam acara ini, Inspektur Jendral Kemendagri, Tumpak Haposan Simanjuntak, Kepala Inspektorat Provinsi Sumatera Utara, Lasro Marbun, dan Bupati se- Kawasan Danau Toba.

Laporan : Manuala Tampubolon