Bupati Toba Tegaskan Penggunaan Bansos Jangan Beli Rokok atau Tuak 

103
Bupati Toba Tegaskan Penggunaan Bansos Jangan Beli Rokok atau Tuak
Bupati Toba Ir Poltak Sitorus Msc mengingatkan kepada warga yang menerima Bantuan Sosial (Bansos) uang tunai,tidak untuk belanja rokok atau tuak (minuman beralkohol

Toba-Intipnews.com : Bupati Toba Ir Poltak Sitorus Msc mengingatkan kepada warga yang menerima Bantuan Sosial (Bansos) uang tunai, tidak untuk belanja rokok atau tuak (minuman beralkohol), sebaiknya dana bantuan tersebut digunakan berbelanja  kebutuhan sembako di E –Warung.  

Hal ini disampaikan Bupati Toba pada  Acara Pemberian Bansos Sembako dari Kementerian Sosial RI  yang difasilitasi oleh Kantor Pos Balige, di halaman Kantor Pos Balige, Kamis, (24/2/2022).

Bupati  Poltak Sitorus juga  berharap masyarakat yang menerima Bansos selalu mematuhi protokol kesehatan (Prokes)  serta mengikuti program vaksinasi, khususnya bagi masyarakat kategori lansia.

Ia pun  mengingatkan kembali,bagi Lansia bahwa tiga bulan sejak diberikan vaksin secara lengkap sudah dapat menerima vaksin ketiga (booster).

Bantuan yang diterima  dengan uang sebesar Rp.600.000 dari Pemerintah Pusat tersebut diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat dalam masa pandemi Covid-19.

“Bantuan yang bapak dan ibu terima ini merupakan bantuan dari  Pemerintah Pusat, yang disalurkan melalui Pemerintah Daerah bekerjasama dengan Kantor Pos kepada masyarakat,”sebutnya menjelaskan. 

Ditambahkannya ,dalam rangka mencegah dan memutus penyebaran Covid-19, Bupati Poltak Sitorusi menginformasikan kembali kepada masyarakat bahwa mulai tanggal 24 Februari 2022 pelaksanaan pesta tidak diperbolehkan sampai dengan pemberitahuan berikutnya.

Sebelumnya Kepala Kantor Pos Balige, Piramon Tarigan dalam sambutannya saat membuka acara menyampaikan bahwa pemberian dana bantuan sosial dapat diberikan dengan tiga mekanisme pembayaran .

Pertama,dengan cara diantar langsung, kedua dijemput ke loket,atau ketiga dengan melalui transfer Bank. Syarat pembayaran juga tidak dipersulit.

Lebih lanjut, Pimpinan PT. Pos, menyebutkan bahwa masyarakat yang menerima bantuan hanya perlu mematuhi protokol kesehatan,  membawa KTP asli, dan apabila diwakilkan harus dalam satu Kartu Keluarga dengan membawa bukti dokumen Kartu Keluarga dan KTP asli.

Pada akhir sambutannya,Pimpinan PT. Pos Cabang Balige  ini berharap, Kabupaten Toba semakin maju dan bersinar di masa yang akan datang. 

Turut hadir dan memberikan Bansos secara simbolis kepada peserta yatitu  Ketua TP PKK Kabupaten Toba Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus, Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Toba Sudirman Sirait, Kepala Kantor Pos Balige Piramon Tarigan,Plt. Asisten Administrasi Umum dan Keuangan  Verry S. Napitupulu ,dan Camat Balige Pantun Josua Pardede,dan pejabat lainnya.

 Laporan :Manuala Tampubolon