Bupati & Wabup Toba Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Tahun 2023 Tingkat Kecamatan

24
Bupati & Wabup Toba Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Tahun 2023 Tingkat Kecamatan

Toba-Intipnews.com : Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus Msc bersama Wakil Bupati (Wabup) Toba Tonny M Simanjuntak SE (foto) didampingi Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Toba, Drs. Augus Sitorus membuka secara resmi acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah  (RKPD) Kabupaten Toba Tahun 2023 di Kecamatan Tahun 2022 se-Kabupaten Toba secara virtual dari Ruang Balai Data Kantor Bupati Toba, Rabu (2/3).

Bupati Toba dalam sambutannya menyampaikan, sesuai Permendagri Nomor 86 tahun 2017 bahwa penyelenggaraan musrenbang RKPD di kecamatan yang dilaksanakan oleh camat bertujuan untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan.

Selanjutnya  membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa, dan menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah kabupaten.

Sesuai dengan Visi Misi Kabupaten Toba akan ditindak lanjuti melalui program kegiatan/sub kegiatan perangkat daerah terkait. Oleh karena itu, katanya, berdasarkan visi dan misi yang mengacu pada arah kebijakan yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Toba tahun 2021-2026,serta memperhatikan rencana kerja pemerintah tahun 2023 maka tema pembangunan Kabupaten Toba pada tahun 2023 adalah “Percepatan peningkatan kualitas infrastruktur untuk mendukung kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing.”

Bupati  meminta supaya semua perencanaan atau anggaran digunakan untuk menaikkan program unggulan terutama 4 program unggulan Kabupaten Toba yakni padi, jagung, kopi, dan tenun.

Bupati juga menghimbau kepada segenap aparat desa dan kecamatan agar benar-benar memberikan perhatian dan bergandengan tangan karena pemerintah kabupaten tidak akan dapat berjalan sendiri dalam membangun dan mewujudkan Toba Unggul dan Bersinar.

“Gerakkan semua aparat desa untuk turut aktif berpartisipasi dalam pelayanan dan pembangunan masyarakat, sekali lagi tanpa kerjasama yang baik kita tidak akan dapat capai, namun apabila kita bergandengan tangan pemerintah dengan masyarakat kita pasti bisa,”sebut Bupati.

Sementara itu, Wakil Bupati Toba Tonny M.Simanjuntak SE menambahkan bahwa yang kita  harapkan bersama adalah bagaimana Musrenbang ini tepat sasaran.

“Ketika kita bicara Musrenbang desa dan kecamatan, mungkin banyak usulan desa dan kecamatan yang tidak dapat kita akomodasi, oleh karena itu berikan penjelasan dan pengertian dengan membuat skala prioritas”

Untuk itulah, harapan dari pemkab agar laksanakan Musrenbang dengan baik dan tentukan skala prioritas untuk dibawa ke kabupaten,ucap Wabup.

Laporan : Manuala Tampubolon