Dandim Nagan Raya: Hari Pahlawan 2021 “Pahlawanku Inspirasiku”

47
Dandim Nagan Raya: Hari Pahlawan 2021 “Pahlawanku Inspirasiku”
Foto: Istimewa

Nagan RayaIntipnews: Peringatan ke-76 Hari Pahlawan di Kabupaten Nagan Raya berlangsung khidmat. Bertindak selaku inspektur upacara (Irup) Dandim 0116/Nagan Raya, Letkol Inf Tony Setyo Widodo di Halaman Kantor Bupati setempat, Rabu (10/11/2021).

Upacara dilaksanakan secara sederhana diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih. Sementara pembacaan teks Pembukaan UUD 1945 oleh Wakil Ketua DPRK, Hj Puji Hartini ST MM dan pembacaan Pesan-pesan Pahlawan oleh Sri Wahyuni SE.

Upacara ini diikuti oleh Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham SE, bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Derah (Sekda), para Asisten Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab), Kepala Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) dan para Pejabat eselon III.

Pada kesempatan itu, Dandim 0116 membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI), antara lain:

  • Negeri ini ini mengalami penjajahan yang panjang dan menyakitkan. Berkali-kali pemberontakan lokal dikobarkan terhadap penjajah dalam kurun waktu 350 tahun, namun selalu mengalami kegagalan. 
  • Ratusan tahun kita terpecah-pecah karena politik divide et impera atau politik adu domba. Para pendiri bangsa ini menyadarinya dengan membangun identitas bahwa kita semua bersaudara, sebangsa dan setanah air. Inilah pelajaran berharga dikuatkan, sulit dipatahkan jika dalam persatuan. 
  • Kita adalah anak-anak dan cucu kandung para pahlawan bangsa. Semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah “mengalahkan” musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas.
  • Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 “Pahlawanku Inspirasiku,” tutup Dandim mengakhiri pembacaan amanat Mensos RI.

Sebelum upacara berlangsung, Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham SE, bersama Forkopimda setempat melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) yang berlokasi di Gampong Blang Sapek, Kecamatan Suka Makmue.

Forkopimda melakukan tabur bunga dengan inspektur upacara Kapolres Nagan Raya, AKBP Setyawan Eko Prasetia SIK. * Itp-Des