Dengan Mantap Mahfud MD Resmi Jadi Cawapres Pendamping Ganjar

23

Jakarta-Intipnews.com: Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri resmi mengumumkan Menko Polhukam Mahfud Md sebagai Cawapres terpilih untuk mendampingi Ganjar di Pemilu 2024. Pengumuman itu disampaikan Megawati secara langsung di DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023). 

“Dengan mantap saya mengambil keputusan sebesar – besarnya untuk kepentingan negara. Yang dipilih untuk mendampingi Bapak Ganjar Pranowo sebagai Cawapres dari PDI Perjuangan adalah Bapak Mahfud MD,” kata Megawati.

Mahfud MD dianggap memiliki pengalaman yang lengkap dan sebagai politikus trias politika atau yang pernah menduduki jabatan di eksekutif, legislatif dan yudikatif.

“Pengalamannya yang lengkap berada di seluruh kamar trias politika, serta rekam jejak kebersihannya yang tanpa kompromi,” kata Ketua Majelis Pertimbangan PPP, Romahurmuziy.

Senada, Ketua DPP PDIP bidang Politik dan Keamanan, Puan Maharani juga menilai sosok Mahfud MD sebagai tokoh Islam yang bisa menjadi pelengkap Ganjar untuk berbicara di konstituen Islam, terutama dari kalangan Nahdlatul Ulama. 

Sejumlah petinggi ketiga partai juga terlihat hadir. Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno, beserta jajaran lainnya.

Adapun tokoh partai politik yang hadir dalam pertemuan ini antara lain Plt Ketum PPP Mardiono, Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO), jajaran TPN Arsjad Rasjid, Andika Perkasa, Gatot Eddy Promono, hingga Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang.

Di samping itu, Menurut laporan resmi yang sudah masuk ke KPU, sudah ada dua pasangan capres-cawapres yang akan mendaftarkan diri pada hari pertama pembukaan.

“Ya, pertama pasangan calon yang diusung oleh partai atau gabungan Partai NasDem, PKB, dan PKS di jam 08:00 WIB. Kedua, ada PDI Perjuangan, PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo di jam 11.00 WIB,” ujar Komisioner Komisioner Pemiluhan Umum (KPU) Idham Holik.

Menurut Idham, surat dari koalisi atau gabungan parpol PDI Perjuangan, PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo sudah diterima. Mereka menyampaikan surat pemberitahuan rencana pendafatran bakal pasangan capres-cawapres ke KPU yang akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 19 Oktober 2023 jam 11.00 WIB.Itp.r