Dipasangkan dengan Siapapun, Elektabilitas Ganjar Pranowo Tertinggi di Jawa Timur dalam Survei SMRC

28

Jakarta-Intipnews.com: Meski dipasangkan dengan Cawapres siapapun, ternyata elektabilitas yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo terus saja memimpin di Jawa Timur dalam survei terbaru yang dilakukan oleh SMRC.

Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil jajak pendapat terbaru yang mereka lakukan mengenai elektabilitas dari para Capres, khususnya di wilayah Jawa Timur.

Simulasi tersebut dilakukan pada periode tanggal 20 hingga 22 September 2023 dengan tiga pasangan, yakni Ganjar Pranowo – Mahfud MD, Prabowo Subianto – Erick Thohir, dan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN).

Hasil dari simulasi tersebut menunjukkan bahwa pasangan Ganjar – Mahfud berhasil unggul juah dengan perolehan suara hingga 45 persen.

Pendiri SMRC, Prof. Saiful Mujani mengatakan bahwa dari sebanyak 140 responden yang dipilih secara acak di Jawa Timur memang mereka cenderung memenangkan Ganjar daripada kandidat lain,Jumat (29/9).

“Dalam format pasangan Anies-Muhaimin vs Ganjar-Mahfud vs Prabowo-Erick, di Jawa Timur, pasangan Anies-Muhaimin mendapat suara 12 persen, Ganjar-Mahfud 45 persen, Prabowo-Erick 28 persen, dan tidak jawab 14 persen,” katanya.

Kemudian, pihak SMRC juga melakukan simulasi dengan memasangkan Ganjar dengan Ridwan Kamil dengan kandidat lain berformasi sama.

Hasilnya, tetap menunjukkan bahwa pemimpin berambut putih itu unggul jauh di Jawa Timur jika dibandingkan dengan kandidat lain.

“(Simulasi kedua) Anies-Muhaimin mendapat dukungan 14 persen, Ganjar-RK 47 persen, Prabowo-Erick 24 persen, dan tidak jawab 14 persen,” terang Saiful Mujani.

Bukan hanya berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh SMRC saja, akan tetapi angka elektoral yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo juga unggul dari hasil jajak pendapat yang dilakukan oleh Politika Research and Consulting (PRC) pada September 2023 ini.

Survei di Jawa Timur yang dihelat oleh PRC tersebut menunjukkan bahwa elektabilitas dari pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar itu berada di posisi teratas dengan raihan suara hingga sebesar 40,4 persen.

Direktur Eksekutif PRC, Rio Prayogo menjelaskan bahwa jajak pendapat yang pihaknya lakukan itu masih menunjukkan keunggulan dari Ganjar Pranowo jika dibandingkan dengan kandidat lain.

“Survei yang kami lakukan menunjukkan bahwa Ganjar Pranowo masih mengungguli dua di antaranya, pertama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan,” ujarnya.

Bukan tanpa alasan, pasalnya memang dukungan kepada pemimpin berusia 54 tahun itu di Jawa Timur sangat banyak dan datang dari berbagai kalangan, termasuk bagaimana kinerja Relawan Mak Ganjar Jatim yang terus menyosialisasikan namanya di masyarakat.

Sebanyak 100 emak-emak di Jatim mengadakan pelatihan cara membatik yang ramah lingkungan pada Ibu-ibu di Sumenep.

“Ini juga ramah lingkungan. Karena tidak ada bahan kimia sama sekali di dalamnya. Semuanya menggunakan pewarna alami dari daun yang ada di sekitar. Kebetulan di Madura ini banyak dedaunan, jadi kita ambil itu,” kata Korwil Mak Ganjar, Hriza Farwa.Itp.r