Dua Pelajar SD Asal Pakpak Bharat Ikuti Bimbingan Belajar di PPPPTK Kemenristekdikti Jakarta

14
foto :istimewa
Teks Foto: Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pakpak Bharat, Manihar Tumanggor bersama siswa SD Pengembangan Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan ( PPPPTK ) . (Ist)

Pakpak Bharat- Intipnews.com: Dua siswa  Sekolah Dasar (SD) asal Kabupaten Pakpak Bharat Sumatera Utara mengikuti bimbingan belajar  Pengembangan Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan ( PPPPTK )  Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi, di Gedung Pusat jalan  Gardu Srengseng Sawah, Jagakarsa Jakarta Selatan.  Pembiayaan ditanggung APBN.

“Dua siswa tersebut adalah  Sahpen Berutu dari SD Singgabur  Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu dan Moria Lumbantobing dari SD Sukaramai Kecamatan  Kerajaan,”uangkap Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pakpak Bharat, Manihar Tumanggor melalui telepon, Senin (16/5/2022).

Kegiatan ini sudah berangsung 1 bulan. Agenda ditujukan sebagai persiapan menghadapi olimpiade provinsi diprediksi Juni mendatang.

“Target kami, Pakpak Bharat juara 1 olimpiade matematika tingkat nasional” ujar mantan Kepala SMAN 2 Sidikalang itu.

Dijelaskan, bimbingan ditangani Prof Johannes Suryo dan tim. Hasilnya, sungguh signifikan. Kecerdasan siswa meningkat tajam.

Ditambahkan, siswa binaan tersebut bergabung bersama pelajar asal Kabupaten Humbang Hasundutan dan Toba.

Diterangkan,  pembinaan khusus dimaksud merupakan tindak lanjut dari kunjungan Presiden Joko Widodo ke Humbang Hasubdutan medio  Februari 2022 lalu. Kala itu, pelajar diberi kesempatan unjuk kemampuan terkait penyelesaian soal matematika.  Ketika itu, Jokowi menyatakan kekaguman dan dukungan.

Ini adalah bagian dari komitmen Bupati dan Wakil Bupati, Franc Tumanggor-Mutsyuhito Solin   demi  pengembangan sumber daya manusia.

Sebelumnya sebanyak 67  guru kelas dan guru matematika telah mengikuti pelatihan mengajar matematika dengan metode Gasing dilatih langsung  Johannes Surya di Yayasan Del Laguboti. ItpSp