Duduk Perkara Tanpa Merah Putih di Podium Juara Piala Thomas

20
Duduk Perkara Tanpa Merah Putih di Podium Juara Piala Thomas
Foto: Istimewa

JakartaIntipnews: Kesuksesan tim beregu putra bulutangkis Indonesia menjuarai Piala Thomas 2020 tercoreng setelah Bendera Merah Putih tidak bisa berkibar di podium juara. Tim Indonesia sukses mengangkat trofi Piala Thomas 2020 setelah menumbangkan juara bertahan, China, 3-0 pada final yang dihelat di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) malam WIB.

Raihan kemenangan itu diluar dugaan dan merupakan strategi  terbaik dan pemain juga luar biasa dengan pantang menyerah. Tiga poin kemenangan tim Indonesia disumbangkan oleh Anthony Sinisuka Ginting, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Jonatan Christie.

Kesuksesan Anthony Ginting dkk membuat penantian 19 tahun Indonesia untuk kembali mengangkat trofi juara Piala Thomas resmi berakhir. Kemenangan atas China sekaligus mempertegas status Indonesia sebagai raja atau tim tersukses dalam sejarah Piala Thomas 2020.

Dengan raihan 14 trofi, Indonesia kini memimpin daftar negara pengoleksi gelar Piala Thomas 2020 terbanyak. Indonesia untuk sementara unggul empat gelar atas China yang duduk di peringkat kedua dalam daftar tersebut.

Setelah menumbangkan China, Jonatan Christie dkk seharusnya bisa melihat Bendera Merah Putih berkibar ketika lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan di Ceres Arena. Namun, momen sakral itu urung terjadi. Bendera Merah Putih saat itu terpaksa diganti dengan logo Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PBSI).

Di balik momen mengharukan dan membanggakan terselip kekecewaan rakyat Indonesia lantaran berkumandangnya lagu Indonesia Raya di Denmark tidak disertai dengan berkibarnya Bendera Merah Putih di ajang Piala Thomas 2020 yang digelar pada 2021 akibat pandemi.

Merespons hal tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) menyampaikan permintaan maaf karena Merah Putih tidak bisa berkibar ketika Indonesia menjuarai Piala Thomas 2020 pada Minggu, 17 Oktober 2021.