Dukungan Jokowi Kepada Ganjar Pranowo Karena Sosoknya yang Merakyat

52

Oleh : Ararya Kastara
Ganjar Pranowo didukung penuh oleh Presiden Jokowi sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024 mendatang. Beliau dianggap sebagai sosok yang merakyat dan suka blusukan. Jika ada pemimpin yang suka berinteraksi dengan masyarakat langsung di lapangan maka menunjukkan bahwa beliau benar-benar pro rakyat kecil dan ingin mengentaskan kemiskinan di Indonesia.

Ganjar Pranowo adalah capres yang berasal dari PDIP. Beliau percaya diri karena sudah memiliki pengalaman sebagai gubernur dan anggota DPR. Selain itu, Ganjar juga mendapatkan restu langsung dari Bapak Jokowi, sebagai penerusnya yang ingin jadi presiden karena memajukan Indonesia.
Ganjar Pranowo melakukan blusukan ke gang-gang kecil Kampung Jati Padang, Pasar Minggu Jakarta Selatan dan Pademangan, Jakarta Utara, Minggu (25/6/2023).

Saat Ganjar masuk ke perkampungan padat penduduk itu, banyak masyarakat antusias menyambutnya. Mereka berteriak bahwa Ganjar adalah sosok penerus Presiden Jokowi.

Seorang warga Pasar Minggu, Kristin (55 tahun) mengaku sangat senang karena Ganjar datang ke kampungnya. Apalagi, dirinya juga seorang pendukung Jokowi. Ia mengaku senang karena Pak Ganjar seperti Pak Jokowi, suka blusukan ke rakyat yang di bawah. Pasti ia akan dukung Pak Ganjar
Kristin menambahkan, ia yakin Bapak Jokowi akan mendukung penuh Ganjar sebagai penerusnya. Apalagi saat acara GBK kemarin, ia mendengar sendiri beliau dengan lantang meminta semua masyarakat semangat memenangkan Ganjar. Ia pasti semangat dalam memenangkan Ganjar dalam Pemilu 2024.

Hal senada juga disampaikan Dewi (45) warga Pademangan Jakarta Utara. Saat Ganjar ke kampungnya, ia semakin yakin untuk mendukung Ganjar sebagai Presiden Indonesia yang berikutnya. Alasannya karena beliau merakyat dan ramah.

Ganjar Pranowo mendapat dukungan dari rakyat karena memang merakyat dan ingin mengentaskan kemiskinan di Indonesia. Ia juga suka blusukan sebagai cara untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh rakyat di negeri ini. Dengan komunikasi langsung di lapangan maka warga akan bisa langsung curhat dan mengemukakan apa yang mereka butuhkan.

Rakyat juga mendukung Ganjar sebagai capres favorit karena dinilai cepat tanggap dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan di lapangan. Seperti ketika ada netizen yang mengeluhkan jalan yang rusak di daerah Batang, Jawa Tengah. Ganjar langsung datang dan memeriksa kerusakan tersebut, lalu memerintahkan pejabat terkait untuk langsung membereskannya.

Capres Ganjar sangat dicintai oleh rakyat Indonesia. Pengamat politik Juliant Palar melihat banyak dari masyarakat yang mengaku ingin mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memenangkan pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Menurutnya, keinginan tersebut terlihat dari elektabilitas, kinerja dan popularitas Ganjar Pranowo semakin meroket hari demi hari.
Juliant melanjutkan, keinginan masyarakat murni dari bawah yang artinya memang dukungan rakyat untuk Ganjar Pranowo menuju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 sangatlah besar. Sosok Ganjar Pranowo tidak hanya disukai oleh masyarakat tapi juga dicintai oleh rakyat Indonesia.

Masyarakat Indonesia sangat mengidolakan Ganjar. Mereka ingin politisi PDIP ini menjadi sosok pemimpin masa depan.
Elektabilitas Ganjar akan terus semakin naik dan masyarakat bisa melihat bagaimana cara sosoknya bekerja. Selama menjadi Gubernur Jawa Tengah sudah banyak kemajuan yang diraih. Ganjar juga sukses memulangkan TKI yang terjebak kasus penipuan di luar negeri. Keberaniannya membuat rakyat makin yakin akan memilihnya dalam pemilu 2024.

Ketika Ganjar menunjukkan hasil kerjanya maka akan makin dipercaya rakyat untuk jadi Presiden RI tahun depan. Tahun 2022 ada 30 penghargaan yang sudah beliau raih. Hal ini menunjukkan bagwa Ganjar adalah pemimpin berprestasi, sehingga makin dicintai oleh rakyat Indonesia.

Kemudian, Ganjar telah membangun setidaknya 71 Puskesmas sejak tahun 2012 hingga 2020. Rakyat makin mencintai Ganjar karena beliau sangat perhatian dan ingin agar masyarakat mendapatkan fasilitas kesehatan yang lebih dekat dan peralatannya lengkap.

Dalam sebuah survey Ganjar memenangkan suara daripada capres lain. Kemudian, pada survey di lembaga yang berbeda, beliau juga tetap menjadi nomor satu. Hal ini benar-benar menunjukkan bahwa rakyat menginginkannya jadi presiden selanjutnya. Ganjar layak memimpin bahkan tak hanya di Jawa Tengah, tapi di Indonesia.

Sementara itu, sejumlah warga yang berasal dari lima kecamatan berbeda di Kabupaten Kediri sepakat memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo. Mereka mendukung Ganjar Untuk maju menjadi calon presiden pada Pilpres 2024. Deklarasi dukungan itu dikemas dalam kegiatan pesta rakyat yang diadakan di pinggir Jalan Desa Tiron, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur (Jatim).

Para warga itu berasal dari Kecamatan Mojo, Kecamatan Semen, Kecamatan Mojoroto, Kecamatan Banyakan, dan Kecamatan Grogol. Dukungan kepada Ganjar diberikan setelah adanya komunikasi antarperwakilan warga. Mereka membahas untuk memilih siapa sosok yang cocok memimpin Indonesia di masa mendatang. Dari komunikasi dan diskusi itu, warga pun sepakat menjatuhkan pilihan kepada Ganjar Pranowo.

Ganjar Pranowo didukung oleh banyak pihak, mulai dari rakyat biasa sampai Presiden Jokowi. Sosoknya dinilai pas sebagai calon pemimpin Indonesia yang baru, yang bisa memajukan negeri ini dan memperbaiki perekonomian pasca pandemi. Ganjar sangat merakyat dan memang mencintai rakyat Indonesia.

Penulis adalah kontributor Lingkar Khatulistiwa