Forum Ngopi, Membahas Kualitas Pendidikan Agama Sesuai Program Kemenag

137

Binjai-Intipnews.com: Wali Kota Binjai Amir Hamzah diwakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Binjai Drs. Edi Mulia, MAP (Foto) berharap Forum Ngopi dapat merumuskan kualitas dan kuantitas pendidikan agama Islam di Kota Binjai. Demikian dikatakan Edi Mulia saat ngobrol pendidikan agama Islam, Senin (31/7/2023) di Café Soeta Dining Hall, Jl.Soekarno Hatta No. 258 Binjai.

Pemerintah Kota Binjai menyambut baik terselenggaranya forum ini sebagai forum dialog tentang mutu dan menambah sarana pendidikan agama islam di kota Binjai.. “Mari kita jadikan momentum ini sebagai wadah untuk memberikan saran dan masukan, serta mempererat tali silaturahmi dan kekeluargaan diantara kita semua,” tegas Amir dalam pidato tertulis dibacakan Kadis Pendidikan Binjai.

Kepala Kantor Dep. Agama Binjai Saparudin menjelaskan forum dialog yang dihadiri Perwakilan Kemenang prov. Sumatera Utara, Ka MAN,MTS dan MI serta pengurus komite, tokoh agama, MUI dan Baznas kota Binjai serta unsur TNI dari Kodim 0203 Langkat sepakat dilaksanakan upaya peningkatan kualitas pendidikan yang sudah ditentukan sesuai program Kemenag.

Minat generasi muda untuk belajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Madrasah Aliyah Negeri saat ini sangat tinggi, sehingga banyak yang tertunda memperoleh pendidikan di madrasah akibat MTs negeri dan MAN di Binjai hanya satu,begitu juga Madrasah Ibtidaiyah.

Berbagai saran dan pembahasan untuk menambah MIN, MTs negeri dan MAN,diperlukan usaha kordinasi antara Pemko dan Kemenag agar beberapa sekolah dasar yang tidak lagi aktif di Binjai bisa dijadikan MTs Negeri yang saat ini terpaksa mempergunakan local lain di dua lokasi guna menampung siswa. Begitu juga MAN,walau sudah dibangun masih terasa sempit dan jumlah siswa yang membludak .
Ada beberapa hal yang disepakati dalam forum ngopi yang akan dibahas secara detail guna dirumuskan dan dilaporkan kepada Wali Kota Binjai.Sehingga peningkatan mutu dan sarana pendidikan agama di Binjai kian meningkatkan .( itp.04)
.