Gagas Program Masjid Mandiri, UINSU Nobatkan Bobby Nasution Tokoh Peduli Ekonomi Islam

3
Gagas Program Masjid Mandiri, UINSU Nobatkan Bobby Nasution Tokoh Peduli Ekonomi Islam
Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Bobby Nasution atas nama Pemko Medan dan Rektor UINSU Syahrin Harahap. (Foto: Ist)

MedanIntipnews: Walikota Medan Bobby Nasution, dinobatkan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) sebagai Tokoh Peduli Ekonomi Islam melalui Program Masjid Mandiri dalam membentuk wakaf mikro syariah di Kota Medan.

Penobatan ditandai pemberian piagam penghargaan kepada orang nomor satu di Pemko Medan itu di Kampus UINSU, Jalan IAIN Medan, Senin (8/11/2021).

Di sela-sela penobatan, dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Bobby Nasution atas nama Pemko Medan dan Rektor UINSU Syahrin Harahap, dalam sektor pendidikan, penelitian dan pengembangan masyarakat.

Salah satu yang disepakati bersama dalam MoU tersebut, penerimaan mahasiswa tanpa seleksi bagi para qari dan qariah pemenang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).

Atas nama Pemko Medan, Bobby Nasution mengucapkan terima kasih kepada UINSU atas dukungan yang diberikan dalam penerimaan tanpa seleksi bagi para pemenang MTQ.

Dikatakan Bobby Nasution, hal itu dilakukan sebagai wujud kepedulian bagi para qari dan qariah yang telah mensyiarkan ayat-ayat suci Alquran. 

“Sang Maha Pencipta telah memberikan keistimewaan kepada mereka lewat kemampuan untuk menghafal dan melantunkan ayat Alquran. Maka, kita sebagai sesama sudah sewajarnya memberikan perhatian dan kepedulian untuk anak-anak kita para qari-qariah, salah satunya melalui jalur pendidikan.

Dengan begitu, mereka juga dapat melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi,” kata Bobby Nasution. 

Selain itu, orang nomor satu di Pemko Medan tersebut mengaku, kesuksesan dalam mewujudkan Program Masjid Mandiri menjadi pekerjaan rumah tidak hanya bagi pengurus masjid, tapi juga semua pihak termasuk lembaga pendidikan.

Dengan demikian, masjid tidak hanya sebagai rumah ibadah, tapi juga berperan dalam memulihkan dan pengembangan ekonomi umat serta membangun peradaban.    

“Selama ini perekonomian syariah hanya kita dapatkan dan disyiarkan melalui kampus dan juga perbankan. Oleh karenanya, melalui Program Masjid Mandiri ini, kami ingin terbangun peradaban yang berlandaskan keumatan dan upaya penguatan ekonomi syariah, sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat,” ungkapnya. 

Sementara itu, Rektor UINSU Syahrin Harahap menuturkan, UINSU siap membantu dan mendukung Bobby Nasution dalam menyukseskan Program Masjid Mandiri. Apalagi, tujuannya untuk membangkitkan ekonomi syariah yang berlandaskan pada keumatan. 

Hal ini juga, imbuh Syahrin, menjadi wujud upaya memajukan Islam yang dimulai dari masjid, karena di dalamnya terdapat instrumen pendidikan dan ekonomi. 

“Kami sangat mengapresiasi Program Masjid Mandiri yang digagas oleh Bapak Walikota. Untuk itu, kami siap membantu Pak Wali untuk memajukan Kota Medan melalui dunia pendidikan.

Salah satunya lewat penelitian sehingga dapat mendukung seluruh program yang dijalankan,” sebut Syahrin seraya mengungkapkan bahwa semasa hidup, almarhum ayahanda Bobby Nasution juga kerap memberikan bantuan bagi kampus IAIN. 

Tidak itu saja, Bobby Nasution juga menerima nasi tumpeng dari keluarga besar UINSU. Pasalnya, hari ini tepat 4 tahun usia pernikahannya dengan Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu.

Bobby Nasution pun didoakan agar senantiasa diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan tugas serta rumah tangga yang senantiasa diberkahi Allah SWT sehingga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah. **