Ganjar Mampu Tumbuhkan Ekonomi dan Turunkan Kemiskinan

54
Foto-Ilustasi-Ist

Oleh : Balia Teguh Sauqi
Ganjar Pranowo merupakan sosok pemimpin yang mampu dan telah terbukti sangat berhasil untuk terus menumbuhkan perekonomian di wilayah kepemimpinannya saat ini, yaitu Jawa Tengah. Bukan hanya itu, namun di bawah komandonya, pihak Pemprov juga mampu untuk terus menekan dan menurunkan angka kemiskinan dari masyarakat setempat.

Calon Presiden (Capres) yang telah diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) bernama Ganjar Pranowo memang memiliki komitmen yang sangat tinggi serta tekad yang juga sangat kuat untuk terus berusaha agar melakukan penciptaan adanya iklim investasi yang menjadi semakin baik dan kian kondusif, khususnya di daerah kepemimpinannya saat ini selaku Gubernur Jawa Tengah (Jateng).

Ternyata, seluruh daya upaya yang telah dilakukan oleh pimpinan yang identik dengan rambut putih tersebut nyatanya memang tidaklah sia-sia. Bagaimana tidak, pasalnya terbukti bahwa usaha dari kader PDI Perjuangan itu untuk bisa terus meningkatkan iklim investasi dan menciptakan investasi menjadi kondusif membawa dampak yang sangatlah positif untuk masyarakat dan juga wilayah kepemimpinannya.

Dampak nyata dari bagaimana kerja keras melalui komitmen dan tekad yang kuat dimiliki oleh Ganjar Pranowo tersebut adalah terjadinya sebuah pertumbuhan pada sektor ekonomi yang cukup pesat serta signifikan, bahkan tercatat bahwa Provinsi Jawa Tengah sendiri terus berhasil mencetak adanya kenaikan ekonomi, di sisi lain juga mampu menurunkan atau menekan angka kemiskinan masyarakatnya.

Terkait dengan hal tersebut, Dosen Program Studi (Prodi) Ekonomi Pembangunan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Sri Susilo menyampaikan bahwa memang data menunjukkan bahwa secara keseluruhan, Indonesia sendiri berhasil untuk mencetak dan mencatatkan pertumbuhan ekonomi di wilayahnya.

Namun, tentunya adanya pertumbuhan ekonomi di Tanah Air tersebut sama sekali tidak bisa dipungkiri juga berkat bagaimana kerja sangat keras dan nyata dari para kepala daerah setempat, termasuk pula bagaimana pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Tengah, yang mana merupakan wilayah kepemimpinan Ganjar Pranowo sampai saat ini.

Tentu dengan adanya peningkatan pada sektor ekonomi yang terus bertumbuh di wilayah tersebut, sekaligus juga menandakan kalau pemimpin mada depan Indonesia ini sangatlah sukses dalam menjalankan kepemimpinannya sebagai seorang Gubernur di Provinsi Jawa Tengah.
Lebih lanjut, terdapat beberapa hal yang juga turut serta berpengaruh menjadikan mengapa Jateng bisa berhasil terus mencetak dan mencatatkan angka pertumbuhan pada sektor ekonomi mereka.

Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh adanya variabel akan konsumsi rumah tangga, kemudian juga dibantu pula dengan adanya investasi yang masuk baik itu penanaman modal yang dilakukan oleh para investor dari domestik sendiri maupun oleh pihak asing.
Di sisi lain, variabel lain yang berpengaruh pada keberhasilan Jawa Tengah mencetak dan mencatatkan pertumbuhan pada perekonomian mereka adalah karena pengeluaran pemerintah yang sangat efektif dan efisien, kemudian adanya pula kegiatan net ekspor atau selisih antara aktivitas ekspor dengan impor yang baik.

Sejauh ini, memang pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah sendiri, semenjak pada era kepemimpinan Ganjar Pranowo telah semakin memberikan dan menjamin akan adanya kemudahan bagi seluruh kegiatan investasi ataupun penanaman modal serta pula mampu menuntaskan berbagai macam persoalan yang berpotensi untuk menghambat pertumbuhan ekonomi daerah seperti adanya persoalan mengenai pungutan liar akan aktivitas investasi di wilayah itu.

Bagaimana keberhasilan dari era kepemimpinan pria berusia 54 tahun tersebut dalam upayanya mengatasi persoalan akan pungutan liar juga merupakan bukti nyata bahwa dirinya merupakan sosok pemimpin dengan karakter yang sangat kuat dan berani seperti yang pernah dikemukakan oleh Presiden Republik Indonesia (RI) ketujuh yang sampai saat ini masih menjabat, yakni Joko Widodo (Jokowi) yang kala itu memuji Gubernur Jateng tersebut sebagai sosok pemimpin yang memiliki nyali besar.

Bukan hanya itu saja prestasi dari Ganjar Pranowo yang kemudian membuatnya sangat berhasil untuk terus meningkatkan dan menciptakan adanya pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah, namun juga di bawah komandonya, kini tenaga kerja di provinsi itu menjadi jauh lebih kompetitif jika dibandingkan dengan sebelumnya, baik itu dalam segi upah mereka hingga bagaimana produktivitas yang mereka miliki.

Tatkala faktor kompetitif dari para tenaga kerja yang ada di Jawa Tengah itu berhasil terus ditingkatkan, maka secara otomatis pula membuat para penanam modal atau para investor sangat melirik provinsi itu dan menganggapnya sebagai tempat yang strategis untuk melakukan investasi di sana, sehingga menjadi tidak heran mengapa investasi terus mengalir di sana dengan kencang.

Semua itu memang sama sekali tidak bisa dipungkiri lantaran adanya dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi (Pemrpov), yang mana di bawah komando Ganjar Pranowo, termasuk pula dukungan dari pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota (Pemkot) sehingga mampu bersama-sama mewujudkan adanya pertumbuhan ekonomi hingga secara otomatis pula semakin menekan angka kemiskinan yang ada di masyarakat.

Penulis adalah kontributor Jendela Baca Institute