Ganjar Pranowo Harapan Kemajuan Ekonomi Bangsa

63
Fpto-Ilustrasi-Ist

Oleh : Pandji Septha Kayana
Ganjar Pranowo merupakan sosok dan figur pemimpin masa depan Indonesia yang menjadi harapan bagi adanya kemajuan ekonomi nasional. Dirinya sangat berkomitmen untuk turut serta dalam mewujudkan kemajuan ekonomi melalui adanya pemajuan koperasi yang merupakan demokrasi ekonomi bangsa.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menyatakan bahwa sosok Calon Presiden yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Ganjar Pranowo merupakan sosok figur pemimpin yang akan sangat mampu memnuhi banyak harapan bagi masyarakat di Tanah Air.

Khususnya, ternyata sosok pemimpin masa depan Nusantara seperti Kader dari PDI Perjuangan itu akan sangat mampu untuk terus memajukan perekonomian nasional, khususnya setelah dilanda dengan adanya pandemi COVID-19 beberapa waktu lalu.
Memang, sama sekali tidak bisa dipungkiri bahwa data menunjukkan, sektor ekonomi nasional di Indonesia menjadi salah satu yang terbaik bahkan di dunia. Pasalnya, ekonomi Tanah Air bisa terus tetap bertahan, dan bahkan tidak tanggung-tanggung, mampu untuk tetap menembus pertumbuhan di angka di atas 5% (persen) meski banyak diantara negara lain di dunia sedang mengalami masalah.

Masalah yang timbul dan terus menghantam perekonomian di dunia selama tahun 2023 ini saja sangat banyak, dan tidak sedikit diantara para pakar keuangan dunia juga telah memprediksikan bahwa tahun 2023 ini akan menjadi sebuah tahun yang sulit karena ketidakpastian ekonomi global masih saja terus terjadi, diperparah pula dengan adanya ancaman inflasi, resesi hingga stagflasi.

Namun nyatanya, di tengah seluruh kesulitan ekonomi yang melanda global tersebut, Indonesia menjadi salah satu negara yang mampu terus berkembang dan mempertahankan bagusnya angka perekonomian yang dimilikinya.

Itu semua juga sama sekali tidak bisa dipungkiri dari hasil kerja keras yang dilakukan oleh Pemerintah Republik Indonesia (RI), di bawah kepemimpinan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dan juga dibantu oleh banyak pihak lain termasuk di tingkat Pemerintah Provinsi (Pemprov) termasuk menjadi keberhasilan Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah (Jateng) untuk terus ikut berperan aktif dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional dari bagaimana kebijakan serta gebrakannya di wilayah yang dia pimpin.
Sehingga, apa yang telah diupayakan oleh Capres dari PDI Perjuangan itu sendiri dalam memperbaiki perekonomian di wilayahnya, juga turut membantu bagaimana komitmen sangat kuat yang dimiliki oleh Presiden Jokowi untuk terus menggencarkan adanya percepatan ekonomi nasional.

Terlebih, memang sosok dan figur dari Ganjar Pranowo sendiri sudah sangat identik dengan sosok dan figur dari Kepala Negara saat ini. Bahkan banyak pihak yang mengakui hal tersebut, mulai dari masyarakat hingga dari para pengamat yang ahli di bidang politik. Mereka seluruhnya menilai bahwa hanya pemimpin yang identik dengan rambut putihnya ini yang mampu dan layak untuk meneruskan seluruh visi misi serta program unggulan atau program pembangunan dari Presiden Jokowi.

Pengakuan mengenai bagaimana sosok Gubernur Jawa Tengah itu mampu untuk terus membawa dan memajukan ekonomi bangsa bahkan juga tidak hanya datang dari seorang Menteri Koperasi dan UKM saja, melainkan juga pengakuan tersebut datang dari rakyat, yakni Ketua Umum (Ketum) Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Sri Untari.

Bahkan, Sri Untari sendiri sangat berharap kepada Ganjar Pranowo serta dirinya menitipkan bagaimana nasib bangsa dan perekonomian, termasuk juga bagaimana nasib koperasi ke depannya.

Pada kesempatan yang sama, pemimpin berusia 54 tahun itu menyebut bahwa memang koperasi sendiri merupakan sebuah landasan bagi demokrasi ekonomi di Tanah Air. Dirinya pun memiliki harapan agar ke depannya koperasi bisa dapat berkembang dengan jauh lebih sehat lagi ke depannya.

Menjadi suatu bentuk atau wujud nyata dari bagaimana ekonomi di seluruh masyarakat bisa secara merata dirasakan, semuanya adalah berkat dari adanya penerapan koperasi di Indonesia. Bahkan, sebenarnya dasar filosofi yang dimiliki oleh koperasi sendiri sangat berkaitan erat dengan bangsa ini.

Bagaimana tidak, pasalnya dalam dasar filosofi yang terkandung di koperasi, di dalamnya terdapat sebuah nilai yang sama sekali tidak bisa terlepas darinya, yakni persatuan di Indonesia, yang mana itu merupakan wujud dari adanya pelaksanaan asas demokrasi ekonomi.

Dengan bagaimana pentingnya koperasi bagi keberlangsungan dan juga kemajuan ekonomi bangsa, Ganjar Pranowo kemudian menegaskan bahwa sudah menjadi sebuah kewajiban yang sangat penting bagi seluruh pihak, khususnya yang berada di pemerintahan untuk bisa terus melakukan pembinaan, melakukan pendampingan hingga memajukan koperasi.

Karena, dengan adanya kemajuan yang dialami oleh koperasi, maka juga tidak bisa dipungkiri hal tersebut akan berkaitan dengan adanya kemajuan bagi ekonomi nasional. Seluruhnya sudah menjadi wujud komitmen kuat yang akan dilaksanakan oleh Ganjar Pranowo, terlebih dirinya memang merupakan sosok pemimpin yang akan mampu dan menjadi harapan bagi kemajuan ekonomi bangsa.

Penulis adalah kontributor Organisasi Pendukung Tegas dan Inspiratif untuk Masa Depan Ganjar Pranowo (OPTIMA )